'Bambang Soesatyo Paling Mungkin Jadi Ketua DPR'

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA - Nama calon ketua DPR pengganti Setya Novanto hingga kini masih ditunggu banyak kalangan. Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin mengungkapkan, ada kemungkinan yang akan memegang posisi itu adalah Bambang Soesatyo, yang saat ini menjadi ketua Komisi III DPR.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Nama yang ada dari Partai Golkar, memang Pak Bambang Soesatyo yang mungkin akan menduduki ketua DPR RI," kata Mahyudin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Januari 2018.

Mahyudin menyebut di internal Fraksi Golkar hampir tak ada yang menolak wacana diajukannya nama Bambang itu. Dia mengklaim sejak awal banyak yang sudah tahu wacana itu.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

"Sampai kemarin kami di rapat pleno fraksi enggak ada yang menolak tuh. Karena menurut yang saya tahu, termasuk Pak ARB (Aburizal Bakrie), selaku ketua Dewan Pembina sudah tahu nama itu," ujar Mahyudin.

Menurut Mahyudin, keputusan ini tak perlu dirapatkan lagi dalam forum pleno DPP Golkar lagi. Karena, penunjukan ketua DPR adalah kewenangan ketua umum.

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

"Karena memang dulu kan sebenarnya tidak ada aturan khusus harus pleno. Itu memang kebijakan ketum, tinggal ditunjuk oleh partai," kata Mahyudin.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sempat mengatakan pengumuman nama ketua DPR pengganti Setya Novanto tak perlu menunggu rampungnya revisi Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Pengumuman pengganti Novanto itu rencananya disampaikan pekan depan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, seluruh elemen bangsa perlu bergandengan tangan,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024