Blusukan, Menhub Murka Lihat Kapal Karatan Diberi Izin Jalan

Menteri Perhubungan di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, marah melihat kapal jenis curah yang terlihat karatan tetapi masih diberi izin jalan. Kejadian itu terlihat ketika dirinya meninjau pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

Penumpang Kapal Tujuan Sumbawa-Lombok Lompat ke Laut

Selain kesal melihat kondisi kapal, Menhub juga menyempatkan diri melihat ke dalam badan kapal secara langsung. Dan menemukan seluruh badan kapal tersebut dalam kondisi yang banyak karatan.

"Kan kita lihat kapalnya karatan kaya gitu, luarnya aja karatan kaya begitu, bagaimana dalamnya," kata Budi Karya, saat meninjau di Pelabuhan Gresik, Jumat 9 Maret 2018.

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Dalam kunjungan tersebut, Menhub didampingi Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Agustinus Makmun. Dalam klarifikasinya kapal karatan tersebut dokumen masih berlangsung dan baru habis April 2018.

Menhub Budi Karya saat sidak di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur.

Kapal Perangnya di Serang di Laut Merah, Militer AS Lumpuhkan Rudal Jelajah Kelompok Houthi

Budi menegaskan, untuk konektivitas laut maka yang harus dikedepankan adalah keselamatan. Kalau sarananya saja terlihat tidak memadai, maka ada kejanggalan.

"Tapi saya mengkritisi bagi semua KSOP agar jangan semata-mata melihat formalitas tetapi juga melihat fakta di lapangan itu harus dikoreksi artinya kalau udah kaya gini ya enggak boleh jalan, tahan saja enggak usah jalan," ujarnya menegaskan.

Setidaknya, lanjut dia, perlu memperbaiki tampilan fisik lebih dahulu, misalnya di cat dalam dua hari hingga terlihat tidak ada yang karatan.

"Kalaupun saya nyatakan ini salah kan saya juga enggak maki-maki tapi self correction itu harus dikerjakan dan self correction itu harus selalu dilakukan karena tanpa koreksi atau catatan dari orang lain kita tidak bisa." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya