Asumsi Makro Meleset, APBN-P 2018 Disiapkan

Ketua Dewan Pembina Apindo, Sofjan Wanandi
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA – Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan atau APBN-P 2018.

Menkeu Akui Tak Adanya APBN Perubahan Buat Anggaran Semakin Baik

"Sedang dipersiapkan menteri keuangan untuk dimasukkan ke dalam DPR," ucap Sofjan, saat ditemui di Gedung MA, Kamis 24 Mei 2018.

Sofjan mengatakan, keputusan untuk mengubah APBN tersebut, karena sejumlah indikator asumsi makro telah meleset dari target yang telah ditentukan. Seperti kondisi nilai tukar rupiah hingga harga minyak dunia saat ini yang telah melonjak melampaui asumsi APBN.

Presiden Jokowi Putuskan Tidak Ada APBN Perubahan 2018

"Tapi saya pikir enggak cepat, tergantung kebutuhannya aja. Tetapi, karena harga minyak naik, exchange rate naik, dan juga biaya naik, gaji naik, apapun ya beliau lakukan," ujarnya. 

Meski sudah masuk dalam pembahasan internal di kementerian lembaga terkait hingga kabinet kerja, Sofjan mengungkapkan, rancangan tersebut masih belum memperoleh keputusan akhir sebab masih digodok secara intensif.

JK Ungkap Sepak Terjang Sofjan Wanandi

"Di internal sudah dibahas, menteri keuangan, intern kabinet juga sudah dibicarakan, cuman belum ambil putusan mana yang terbaik," paparnya. (asp)

Lukito dan Wandi Wanandi

Tentang Anak Pengusaha Sofjan Wanandi yang Beli Klub Inggris

Putra Sofjan jadi pemilik minoritas Tranmere Rovers.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2019