Anindya Bakrie Sebut OVO, Gopay dan LinkAja Bantu Inklusi Keuangan RI

Anindya Novyan Bakrie.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Indonesia pada tanggal 23-26 April 2019, bakal menjadi tuan rumah APEC Business Advisory Council atau ABAC di Jakarta.

Mantan Wakil Menlu Ingatkan Pemerintahan Baru Perlu Rumuskan Konsep Kebijakan Luar Negeri

Ketua ABAC Indonesia, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, inklusi keuangan akan menjadi salah satu tema utama yang didorong untuk dibahas bersama 60 anggota ABAC seluruh dunia.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi pendorong inklusi keuangan di dunia semakin merata. Sebab, dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, akses keuangan semakin mudah diperoleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui industri keuangan digital.

Anindya Bakrie Promotes IKN Nusantara to ABAC Members

"Apabila kita bicara, misalnya tadi financial inclusivity itu satu hal yang nyata dan memang secara praktis kita jalankan. Dan, juga dalam era tekonologi ini fintech di Indonesia ini akan menjadi salah satu bagian yang besar dan bukan tidak mungkin bisa menjadi contoh sukses yang bisa diaplikasikan atau diskalakan di negara lain," kata dia di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Selasa 9 April 2019.

Adapun industri-industri keuangan digital tersebut seperti OVO, Gopay hingga LinkAja, menurut Anindya bisa menjadi contoh nyata bahwa perkembangan ekonomi digital dan teknologi di Indonesia sangat baik dan kondusif bagi perusahaan-perusahaan rintisan (start up) untuk menciptakan iklim inklusi keuangan.

Saat Anindya Bakrie Jadi 'Sales Promotion Man' Dadakan di APEC CEO Summit 2023, Kenalkan Proyek IKN

Bahkan, Presiden Direktur VIVA Media Group itu juga memperkirakan, kehadiran mereka bisa membuat inklusi keuangan di Indonesia mencapai 75 persen dalam waktu lima tahun mendatang. Pada 2018, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi keuangan di Indonesia baru mencapai sekitar 69 persen.

"Jadi, kalau kita lihat tentu dari financial inclusivity di Indonesia itu masih dalam taraf awal. Tapi ke depannya, dalam waktu tiga sampai lima tahun dengan aplikasi-aplikasi seperti OVO, Gopay dan tentunya ada LinkAja dan lain-lain, kita bisa membawa inklusivitas sampai ke angka 75 persen. Nah, hal-hal inilah yang menjadi sorotan di dalam ABAC meeting ini," tegas dia.

Sebagai informasi, ABAC merupakan forum pemimpin bisnis di seluruh sektor ekonomi Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC. Isu yang dibahas di dalam setiap pertemuan ABAC terdiri dari lima atau Working Group, yaitu regional economic integration, sustainable development, MSME and entrepreneurship, finance and economic and digital and innovation. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya