Permintaan Naik di Masa Pandemi, Kemenperin Dorong IKM Sepeda

Kemenperin Dorong IKM Sepeda
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Pasar sepeda domestik di Indonesia mencapai 8 juta, namun industri sepeda nusantara hanya mengisi pasar sebanyak 25 persen. Untuk mendorong penggunaan komponen dalam negeri, Kementerian Perindustrian akan melibatkan Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Peran IKM Alat Angkut dalam Industri Sepeda. Hal ini menyambung hasil kunjungan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, ke pabrik United Bike beberapa waktu lalu.

“Serta dibentuknya kemitraan antara PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) dengan IKM alat angkut," kata dia di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 Desember 2020.

Dukung Sport Tourism Lewat Sungailiat Triathlon 2024

Lanjut Gati, Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Memorandum of Agreement (MOA) ini untuk mengakselerasi IKM dalam menjajaki potensi pemenuhan komponen sepeda maupun aksesoris sepeda yang diperlukan.

Langkah ini diambil oleh PT Terang Dunia Internusa (United Bike) yang menyambut baik inisiasi Kementerian Perindustrian  dalam mendukung pengembangan dan kemajuan industri dalam negeri, terlebih IKM yang terdampak pandemi COVID-19. 

Sepeda Elektrik Diprediksi Makin Populer di Indonesia

"Kerja sama dengan Kementerian Perindustrian ini menjadi tonggak baru dalam upaya meningkatkan perekonomian negara lewat IKM, terutama yang erat kaitannya dengan industri sepeda. Dengan adanya kemitraan tersebut, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi para pelaku industri sepeda lewat kualitas supply chain yang terjaga, quality control yang lebih mudah, serta membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja," kata Gati. 

Penandatanganan MOU dan MOA diharapkan menjadi langkah awal dalam terciptanya sinergi antar pelaku industri lokal yang saling menopang, serta sebagai pemicu untuk industri kecil dan menengah yang potensial lainnya dalam mengambil langkah yang sama.

"Harapan besarnya adalah dengan adanya kemitraan yang kuat, maka industri besar yang memiliki teknologi maju dengan akses besar, mampu mentransfer kemampuan dan membuka pintu pasar bagi IKM," ujar Gati. 

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya