Disebut Calon Kuat Kepala IKN, Ini Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono
Sumber :
  • adb.org

VIVA – Bambang Susantono dikabarkan masuk dalam daftar calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Joko Widodo mengisyaratkan calon kepala otorita IKN Nusantara adalah sosok dari kalangan nonpartai politik.

Menunggu Diresmikan Jokowi dan Elon Musk, Ini Keistimewaan Starlink

"Nonparpol," kata Jokowi secara singkat saat ditanya mengenai hal itu usai menghadiri peresmian Kantor DPP Partai NasDem, di NasDem Tower, di Jakarta, Selasa, 22 Februari 2022 dikutip tvonenews.com

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah secepatnya akan menunjuk kepala otorita IKN dalam beberapa pekan ke depan. Jokowi juga berharap beberapa minggu ke depan sudah dilantik.

Profil Kim Hye Yoon, Pemeran Utama dalam Lovely Runner

Profil Bambang Susantono

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono

Photo :
  • Dok. Antara
Profil Byeon Woo Seok, Aktor yang Lagi Naik Daun karena Perannya di Lovely Runner

Bambang Susantono, pria kelahiran 4 November 1963. Diketahui jika Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Setelah lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB pada tahun 1987, Bambang bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Kemudian ia melanjutkan studi program pascasarjana, master dan gelar MSCE diraihnya dari Universitas California, Berkeley. Pendidikan doktoralnya diselesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Bambang Susantono terkenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia diangkat menjadi Wakil Menteri Perhubungan, dengan tugas membantu Menteri Perhubungan membenahi sektor transportasi di Indonesia pada tahun 2009. 

Bambang Susantono juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di tahun 2007-2010. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) 2004-2010.

Bambang Susantono juga pernah menjabat sebagai Vice President di Asian Development Bank, sebuah bank multilateral yang didirikan untuk mengurangi kemiskinan di kawasan Asia dan Asia-Pasifik.

Bambang Susantono juga pernah mendapat amanat sebagai Pj Menteri, Wakil Menteri Perhubungan Indonesia, dan Deputi Menteri Infrastruktur dan Pembangunan Daerah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dia memimpin beberapa lembaga penelitian dan mengajar di universitas. Bambang juga Anggota Dewan untuk perusahaan penerbangan, pelabuhan, telekomunikasi dan media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya