Promosi Jalur Pansela Jawa, Menteri Basuki: Siap untuk Mudik 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jalur Pansela, Wonogiri.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mempromosikan Jalur Pantai Selatan atau Pansela Jawa sebagai jalur alternatif pemudik tahun ini. Jalur ini memiliki pemandangan indah dan beraspal mantab untuk dilalui para pemudik.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Menurut Basuki, pada tahun ini badan litbang Kemenhub memperkirakan ada sebanyak 79-85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Dan 47 persen dari itu akan menggunakan jalan darat atau jalan raya.

Untuk itu, pihaknya mempersiapkan sejumlah prasana infrastruktur dengan baik di Pulau Jawa dan Sumatera. Seperti pada jalur Pantai Utara (Pantura), Jalur Tengah dari Bandung ke Jateng dan ngawi, serta Jalur Selatan yang dahulu jalur Deandels telah siap dimanfaatkan pemudik.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

"Untuk jalur Pansela dipersiapkan sebagai jalur mudik Lebaran supaya tidak terjadi kemacetan di Pantura dan jalur tengah. Jadi tidak menumpuk di jalur tengah saja," kata Basuki saat meninjau Jalur Pansela dengan VIVA.

Basuki menuturkan saat ini jalur Pansela yang dibangun sudah tembus sepanjang 1.242 kilometer, yang terhubung dari Bayah di Banten, Cilacap, Kebumen, Wonosari sampai ke Pacitan.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Jadi, Basuki berharap dengan adanya pansela pemudik yang berasal dari Jakarta bisa lewat selatan masuk melalui Sukabumi, langsung ke Cilacap dan bisa tembus menuju ke Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Pacitan.  

Jadi, ini bisa pecah arus mudik selain jalur Pantai Utara (Pantura) dan jalur tengah Pulau Jawa. "Jadi kepada para pemudik manfaatkan jalur pansela ini, karena ini Sinematik road jalur yang indah untuk dilalui," tegasnya.

Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) Wonogiri, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Kurnen Permana Putra

Selain itu, Basuki juga menjamin bagi para pemudik yang melalui jalur Pansela ini, pihaknya telah menyiapkan sejumlah posko-posko pelayanan, di tambah banyaknya sejumlah tempat wisata dan lokasi kuliner terbaik.

"Jalan pansela ini bisa memorable dan instagrammable untuk keluarga yang mudik. Jalan dengan pemandangan indah, hutan yang masih hijau dan pantainya bagus cocok buat kita relaksasi setelah 2 tahun pandemi," jelaskan.

Ditambah, kata dia, jika melalui Pansela ini, tidak harus berkendara terus menerus sebab ada kuliner yang menggiurkan sepanjang perjalanan. Seperti, duren, sate Ambal Kebumen, Mbah Jirak Gunung Kidul dan lodeh sambal hijau.

“Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela berpemandangan indah dan melewati banyak lokasi wisata pantai yang instagrammable. Mudah-mudahan liburan Lebaran pemudik yang melewati jalur ini menjadi memorable," ucap Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya