Gautam Adani, Orang Terkaya ke-5 Dunia yang Geser Posisi Warren Buffet

Chairman of Adani Group, Gautam Adani.
Sumber :
  • AP Photo/Rajanish Kakade.

VIVA – Gautam Adani kini menjadi orang terkaya kelima di dunia melampaui Warren Buffett. Dia sebelumnya masuk dalam jajaran orang terkaya di Asia.

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

Berdasarkan data Forbes Real Times Billionaires, Selasa 26 April 2022, kekayaan bersih pria berusia 59 tahun itu sebesar US$129,4 miliar. Adani mengalahkan kekayaan Buffet yang kini berusia 91 tahun di angka US$121,9 miliar.

Adani merupakan pendiri dan Chairman Adani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India. 

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Saham masing-masing bisnisnya naik menjadi 19 persen hingga 195 persen di tahun ini, karena Adani telah memimpin ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara, dan lainnya.

Orang Terkaya

Photo :
  • U-Report
Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Pada awal bulan ini, International Holding Co di Abu Dhabi yang dijalankan oleh saudara laki-laki putra mahkota Uni Emirat Arab telah menginvestasikan dana sebesar US$2 miliar ke tiga perusahaan milik Adani yang berfokus pada energi hijau.

Adani mengatakan, dirinya ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia, dengan menginvestasikan hingga US$70 miliar ke dalam proyek energi terbarukan.

Adani merupakan putra dari seorang pedagang tekstil, Adani putus kuliah dan pada 1988 memulai perusahaan ekspor komoditas. Pada tahun 2008, dia telah menjadi miliarder bergabung dengan jajaran Forbes untuk pertama kalinya dengan kekayan sekitar US$9,3 miliar.

Kekayaannya benar-benar mulai meningkat pada awal pandemi COVID-19, setelah dia memperluas kerajaan bisnis dengan mengakuisisi besar-besaran. Seperti pembelian 74 persen saham di Bandara Internasional Mumbai di 2022, dan membeli unit energi terbarukan Softbank senilai US$3,5 miliar. 

Pada Jumat lalu Adani setuju untuk membeli Ocean Sparkle, perusahaan jasa kelautan terbesar di India, dalam kesepakatan US$220 juta.

Dua tahun lalu kekayaannya senilai US$8,9 miliar, kekayaan Adani kemudian melonjak sebesar US$ 50,5 miliar pada Maret 2021 berkat harga samahnya yang meroket. Kemudian pada Maret 2022 hampir dua kali lipat menjadi US$90 miliar, karena saham Grup Adani naik lebih tinggi.

Saat ini perkiraan kekayaan bersih Adani itu menjadikannya orang terkaya di India. Dia lebih kaya US$19 miliar dari orang nomor 2 di negara itu Mukesh Ambani yang kekayaannya diperkirakan senilai US$104.7 miliar

Dia melampaui Buffett karena saham investor terkenal Berkshire Hathaway itu turun 2 persen pada hari Jumat, di tengah penurunan luas pasar saham AS.

Sekarang hanya ada empat orang di planet ini yang lebih kaya dari Adani, menurut pelacak miliarder real time Forbes, yaitu pendiri Microsoft Bill Gates sekitar US$130,6 miliar, raja barang mewah Prancis Bernard Arnault US$161,7 miliar, pendiri Amazon Jeff Bezos US$171,9 miliar, dan kepala Tesla dan SpaceX Elon Musk sebesar US$268,2 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya