Antisipasi Arus Balik di Bakauheni, Pelabuhan Panjang Jadi Alternatif

Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menhub Budi Karya Sumadi tinjau Pelabuhan Panjang.
Sumber :
  • KBUMN.

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau persiapan arus balik mudik di Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu 4 Mei 2022. Erick datang bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. 

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Erick menyampaikan bahwa kedatangannya ke Pelabuhan Panjang merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menjaga prosesi arus balik tetap lancar seperti saat arus mudik kemarin. 

Erick mengatakan, sinergitas antara BUMN dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan berbagai pihak menjadi salah satu faktor utama keberhasilan arus mudik dan balik lebaran kali ini.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

"Sejak awal, saya meminta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan arus balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan," ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menhub Budi Karya Sumadi tinjau Pelabuhan Panja

Photo :
  • KBUMN.
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

Menurut Erick, persiapan maksimal harus dilakukan mengingat arus balik memiliki tantangan yang berbeda ketimbang saat arus mudik. Hal ini tak lepas dari akan berakhirnya masa cuti bersama lebaran 2022 pada Jumat 6 Mei 2022. 

Karenanya, Erick menegaskan bahwa dukungan BUMN dalam operasional di Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alternatif juga bisa digunakan dalam mendukung arus balik untuk pemudik.

"Kita berharap Pelabuhan Panjang mampu mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik lebaran ini," ujarnya.

Sebagai informasi, angkutan lebaran di Pelabuhan Merak mencatat kenaikan 10 persen, dari 190.545 kendaraan pada 2019 menjadi 209.460 kendaraan pada 2022. Kenaikan terbesar datang dari kendaraan roda empat yang melonjak hingga 27 persen, yakni sebanyak 112.139 unit mobil dibandingkan pada 2019 yang sebanyak 88.626 unit mobil. Sementara, kenaikan penumpang tercatat sebesar 2,5 persen.

Pemerintah berupaya agar arus balik bisa berjalan baik dan lancar. Erick Thohir mengatakan, layanan bagi masyarakat tersebut penting masyarakat yang melakukan tradisi mudik di hari raya Idul Fitri 1443 H kali ini.

"Melayani masyarakat adalah hal yang terus kita jaga. Kerja sama dari TNI, Polri, pemerintah pusat, pemerintah daerah, juga terus bersinergi dan berkolaborasi," kata Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya