Perkuat Ketahanan Pangan, Regal Springs Genjot Budidaya Ikan Tilapia

Penebaran pakan organik untuk ikan Tilapia.
Sumber :
  • Dokumentasi Regal Springs.

VIVA Bisnis – Perusahaan budidaya ikan Regal Springs mengumumkan keanggotaan pada Kelompok Kerja Akuakultur Berkelanjutan pada Kemitraan Pangan Biru, atau Blue Food Partnership Sustainable Aquaculture Working Group di bawah naungan Blue Food Partnership. 

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

Inisiatif yang dipimpin oleh Friends of Ocean Action ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi besar dari akuakultur berkelanjutan demi pemenuhan kebutuhan nutrisi warga dunia yang populasinya terus bertambah. Upaya tersebut dilakukan dengan metode-metode yang bertujuan untuk memerangi perubahan iklim serta pencapaian tingkat nol kelaparan

Chief Executive Officer Regal Springs Alois Hofbauer mengungkapkan, budidaya ikan Tilapia secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, adalah bentuk komitmen pihaknya membantu pemenuhan protein pada pasokan pangan dunia. Serta mendukung upaya perlindungan pasokan ikan laut yang kian terancam.

Ngeri! Gelombang Panas Tewaskan 150 Ribu Orang di Seluruh Dunia

Ikan Tilapia

Photo :
  • Dokumentasi Regal Springs Indonesia

"Dengan penangkapan ikan liar yang berlebihan di beberapa wilayah, akuakultur di masa depan akan menyumbang sebagian besar tambahan ikan yang diproduksi dan dikonsumsi," kata Alois dikutip dari keterangannya, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Daftar Harga Pangan 15 Mei 2024: Beras, Cabai, hingga Daging Sapi Naik

Dia menjabarkan,  setelah 30 tahun beroperasi, Regal Springs telah menyediakan mata pencarian untuk masyarakat pedesaan terpencil. Hal tersebut jadi inti dari bisnis yang dilakukan dengan dilandasi prinsip pada pendiri perusahaan.

Dia menegaskan, dengan meningkatkan potensi industri akuakultur yang berkelanjutan, Regal Springs ikut berperan dalam Gerakan Pangan Biru. Untuk mengakselerasi transformasi sistem pangan yang dibutuhkan manusia dan Bumi. 

"Di saat yang sama, Regal Springs memberikan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan bagi jutaan orang di seluruh dunia," lanjut Alois.

Sebagai informasi, Blue Food Partnership mendorong langkah-langkah berbasis sains untuk rantai nilai pangan biru (blue food) yang berkelanjutan, sehat, bergizi, dan terjangkau. 

Anggotanya berkolaborasi untuk menciptakan pangan biru yang berkelanjutan dengan cara memimpin gagasan, membentuk kelompok kerja, dan menggelar aktivitas publik untuk meningkatkan peran penting dari pangan biru dalam transformasi sistem pangan yang lebih luas.  

"Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di Kelompok Kerja Akuakultur Berkelanjutan pada Blue Food Partnership, Regal Springs yakin dapat memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat dari masyarakat dunia," kata Laurent Develle, EVP Group General Counsel-Head of Corporate Affairs Regal Springs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya