Wagub Sumbar Pastikan Pembebasan Lahan Proyek Tol Padang-Sicincin Dipercepat

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.
Sumber :
  • Instagram Audy Joinaldy @joinaldy

VIVA Bisnis – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Audy Joinaldy mengklaim jika proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol ruas Padang-Sicincin hampir rampung. Sudah 93,17 persen bidang tanah yang sudah dibebaskan. Pun dengan dana untuk pembebasan lahan hingga seratus persen juga sudah disiapkan.

Tewas Dibakar, Terungkap Aldelia Kerap Alami Perundungan di Sekolah

"Dana sudah tersedia dan seharusnya sudah tidak ada masalah lagi. Jadi harapannya bisa lebih dipercepat lagi pergerakan dari tim,"kata Audy Joinaldy melalui keterangannya, Senin, 12 Desember 2022.

Secara umum kata Audy, hambatan-hambatan yang memperlambat proses pembebasan lahan sudah tidak lagi terlihat. Oleh karenanya apresiasi kita berikan atas kinerja dari tim percepatan.

Resmi Dilantik, HIPPI Jakarta Utara: Kami Siap Kolaborasi dengan Semua Pihak

"Tim ini sudah lebih solid. Bagaimana proses kita di sini pihak luar tidak banyak yang tau, tapi tetap berikan hasil yang terbaik, dan percepat langkah-langkah kita,"ujar Audy.

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menhan Prabowo Terima Kunjungan Pemilik Burj Khalifa, Apa yang Dibahas?

Diketahui dari total 1600 bidang penetapan lokasi satu dan dua ditambah fasilitas umum dan sosial, 1.491 bidang saat ini sudah dinyatakan bebas.

Sementara dari 109 bidang lainnya yang masih diproses. Saat ini 20 bidang dalam tahapan verifikasi satgas, empat bidang dalam penilaian, 54 bidang penilaian ulang, dua bidang dalam proses musyawarah, dan 13 bidang menunggu kelengkapan berkas.

Ilustrasi/Pembangunan jalan tol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Adapun lokasi dari 109 bidang tersebut, enam Bidang di Kecamatan Batang Anai, dua bidang di Lubuk Alung, tiga bidang di Enam Lingkung, 13 bidang di Nagari Sicincin, dan 92 bidang di Nagari Kapalo Hilalang.

Meski demikian, berdasarkan identifikasi dapat dikatakan proses pembebasan 109 bidang yang masih dalam proses itu tidak menghambat jalannya pekerjaan pembangunan jalan tol Seksi Padang-Sicincin tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya