Cuaca Ekstrem saat Periode Nataru, AP II Catat 14 Gangguan Penerbangan di 20 Bandara

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

VIVA Bisnis – Sebanyak 14 penerbangan di 20 bandara milik PT Angkasa Pura (AP) II mengalami gangguan akibat cuaca ekstrem. Di mana, gangguan itu terjadi selama periode Natal 2022 dan Tahun 2023 mulai 19 hingga 31 Desember 2022.

Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan, akibat gangguan cuaca tersebut, rata-rata penerbangan mengalami Return To Base (RTB) hingga divert atau dialihkan.

"Ada 14 irregularity bed weather atau cuaca buruk yang terjadi di 20 bandar udara milik Angada Pura II. Ada macam catatan dari 14 gangguan itu, mulai dari RTB, sampai divert atau dialihkan ke bandara tertentu," katanya di Posko Nataru Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, 1 Januari 2023.

Bandara Soetta. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Insiden Ganti Pesawat, Jemaah Haji Makassar Sujud Syukur Tiba di Madinah


Kemenag Sebut Penggantian Pesawat Haji Berdampak Sistemik: Kami Tegur Keras Garuda
Lanjut dia, keputusan untuk melakukan RTB atau divert ini merupakan hasil kesepakatan pihak pengelola bandara, hingga stakeholder terkait, mulai dari Airnav, BMKG, hingga pihak maskapai.

"Kita melihat keselamatan penerbangan juga, maka dari itu kita ambil keputusan untuk melakukan putar balik atau pengalihan penerbangan. D imana, paling lama itu terjadi atau menunggu selama 2 jam," ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin

Photo :
  • VIVA / Sherly (Tangerang)


Meski penerbangan mengalami gangguan karena cuaca buruk, Awaluddin menyebutkan, untuk On Time Performance atau OTP di 20 bandara udara sebesar 66 persen.

"OTP kita di atas 50 persen untuk keseluruhan bandara, sementara untuk di Bandara Seotta saja sebesar 78 persen," ungkapnya.
Lakukan Hal-Hal Ini saat Transit di Bandara Changi

Bandara Changi Kini Jadi Destinasi Wajib Dikunjungi di Singapura, Ini 3 Alasannya

Bandara Changi dinobatkan sebagai bandara terbaik sedunia oleh Skytrax, di mana sudah 12 kali masuk dalam kelompok peringkat teratas dalam daftar bandara terbaik.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024