Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Viral petugas bandara jatuh dari pesawat.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Jakarta – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan rekaman seorang petugas bandara terjatuh dari pesawat, saat petugas lainnya menggeser tangga naik penumpang.

Wapres Chilima Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Malawi Umumkan Masa Berkabung Nasional

Kejadian nahas itu terjadi pada 13 Mei 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Dalam video yang beredar tersebut, seorang petugas sebelumnya terlihat berdiri di pintu pesawat dekat dengan perbatasan tangga naik-turun penumpang, sebelum kejadian itu terjadi.

Terungkap Nama Bandara Baru di IKN: Nusantara Airport

Dalam keterangannya, PT TransNusa Aviation Mandiri menyebut bahwa kejadian itu merupakan miskomunikasi antarpetugas flight coordinator (FC), dengan petugas passenger boarding stairs (PBS) PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS).

"Hal itu mengakibatkan petugas FC tidak mengetahui posisi PBS ketika hendak meninggalkan pesawat," sebagaimana dikutip Kamis, 16 Mei 2024.

Detik-detik Bus Pariwisata Berisi Puluhan Penumpang Kebakaran di Tol Wiyoto Wiyono

Calon penumpang di bandara berjalan menuju pesawat terbang komersil. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Dari video tersebut, terlihat bahwa awalnya petugas FC di pesawat itu melangkah mundur ke belakang tanpa melihat kondisi tangga.

Namun saat bersamaan, petugas ground handling menggeser tangga naik-turun penumpang tersebut, dan menyebabkan petugas yang berada di atas pesawat terjatuh dari ketinggian.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Terkait dengan kejadian ini, TransNusa menegaskan telah berkoordinasi dengan PT JAS untuk meningkatkan prosedur keamanan, serta menerapkan langkah pencegahan yang lebih ketat guna menghindari terulangnya insiden serupa di masa mendatang.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan dan memastikan bahwa seluruh kegiatan operasional kami berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya