Angka Pengangguran di Kota Padang Turun, Dekati Level Sebelum Pandemi

Masjid Raya di Kota Padang, Sumatera Barat. (ilustrasi Kota Padang)
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA Bisnis – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat menyatakan angka pengangguran terus mengalami penurunan. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, Dian Fakri, angka pengangguran per September 2022 sudah turun menjadi 11,69 persen.

Pengangguran RI Turun karena Ada Rekrutmen PPPK hingga Petugas KPPS Pemilu

"Sejak September 2022 angka pengangguran turun menjadi 11,69 persen," kata Dian, Jumat, 17 Februari 2023.

Ilustrasi pekerja. Foto: Pixabay

Photo :
  • U-Report
Lebih Rendah dari Sebelum Pandemi, BPS Catat Pengangguran di Indonesia Turun Jadi 7,2 Juta Orang

Ia menyebut, sebelum pandemi Covid-19 muncul, angka pengangguran di Kota Padang sebetulnya sudah berada di angka 8,74 persen. Namun, angka itu terus naik terutama saat puncak pandemi. Bahkan menyentuh di angka 13,64 persen.

"Ada beberapa target yang telah kami upayakan sejak pandemi Covid-19. Di tahun 2021 lalu turun jadi 13,37 persen dan di September 2022 di angka 11,69 persen," ujar Dian.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

Tahun Ini Ditargetkan Turun Jadi 9 Persen

Meski demikian, ia memastikan Pemerintah Kota Padang terus menargetkan angka pengangguran turun. Tahun 2023 ini, pihaknya akan berusaha menurunkan angka pengangguran menjadi 9 persen dan di tahun 2024 menjadi 7 persen. 

"Job canvasing dengan mendatangi dan melobi perusahaan yang ada, pelatihan atau pembinaan bagi wirausaha, program pemagangan. Lalu, merangkul mereka yang pengangguran, agar mereka segera dapat pekerjaan yang tepat, ini merupakan beberapa upaya yang kita lakukan untuk menekan angka pengangguran," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya