Rupiah Berpotensi Menguat Awal Pekan, Ini Pendorongnya

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA Bisnis –  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi, 3 April 2023. Terpantau pukul 09.15 WIB rupiah melemah sebesar 14 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp 15.009 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 14.995 per dolar AS.

Asephi DKI Dorong Wastra Indonesia Lebih Diterima di Luar Negeri

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 14.977 per dolar AS.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Aturan Terbit, Pemerintah Bebaskan PPh Eksportir yang Parkirkan DHE SDA di Dalam Negeri

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat hari ini. Hal itu dipicu dengan masih berkembangnya ekspektasi pasar terhadap suku bunga the Fed.

"Penguatan rupiah masih terbuka hari ini terhadap dolar AS, dengan masih berkembangnya ekspektasi pasar bahwa Bank Sentral AS mungkin tidak akan agresif lagi menaikan suku bunga acuannya. Setelah AS dilanda krisis perbankan," kata Ariston kepada VIVA Senin, 3 April 2023.

Indometal Ltd Pastikan Perkuat Mineral Indonesia Supaya Berdaya Saing Global

Ariston mengatakan, ekspektasi itu juga didukung oleh rilis data ekonomi AS pada Jumat, kemarin. Dalam hal itu rilis data menunjukkan bahwa tekanan inflasi di AS mulai turun.

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Sentimen pasar terhadap aset berisiko pagi ini juga terlihat positif karena ekspektasi tersebut. Sebagian besar indeks saham Asia bergerak positif," jelasnya.

Sementara dari dalam negeri lanjut Ariston, data inflasi yang stabil di kisaran 5 persen akan mendukung penguat rupiah pada hari ini.

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS ke kisaran support Rp 14.900-Rp 14.930. Sedangkan resisten di kisaran Rp 15.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya