5 Fakta Menarik Jusuf Hamka Tagih Utang Rp800 Miliar ke Pemerintah

Jusuf Hamka
Sumber :
  • YouTube Denny Sumargo

Jakarta - Pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka kabarnya menagih utang kepada pemerintah sebesar Rp800 miliar. Pemerintah disebut mempunyai utang ke perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada.

Soroti Predikat Kemiskinan di Brebes, Paramitha: Pemda Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Kabarnya pemerintah memiliki utang kepada Jusuf Hamka sejak tahun 1998 hingga sekarang masih belum dibayar. Awalnya pengusaha berdarah Tiongkok tersebut memiliki deposito yang tersimpan di Bank Yakin Makmur.

Sebagaimana diketahui, pada 1998 perbankan mengalami kesulitan likuiditas hingga mengalami kebangkrutan, sehingga saat itu hadir Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang memberikan dukungan kepada perbankan.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

"Jadi saya kan punya deposito waktu itu ada bank di likuidasi semua, dan semua deposito dijamin Pemerintah. Terus seolah-olah deposito kami enggak dibayarkan, Citra Marga (CMNP), karena pemegang sahamnya ada berafiliasi dengan Bank YAMA," kata Jusuf saat dihubungi VIVA Bisnis, Rabu, 7 Juni 2023.

Berikut beberapa fakta menarik Jusuf Hamka tagih utang ke pemerintah sebesar Rp800 miliar, dilansir berita VIVA sebelumnya:

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

1. Bukan Rp800 Miliar Tapi Rp179,4 Miliar

Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklarifikasi total nominal utang yang diklaim belum dibayarkan kepada perusahaan milik Jusuf Hamka, yakni PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), sejak tahun 1998 silam.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo membantah total utang pemerintah ke Jusuf Hamka mencapai Rp 800 miliar. Ia mengatakan, total utang tersebut hanya sebesar Rp 179,4 miliar.

2. Tanggapan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Menteri Keuangan, Sri Mulyani ikut menanggapi perihal Jusuf Hamka menagih utang ke pemerintah sebesar Rp800 miliar. Sri mengaku belum melihat dan mempelajari soal utang tersebut, "Saya belum lihat dan belum pelajari," kata Sri Mulyani usai melakukan Rapat Kerja Komisi XI DPR RI Kamis, 8 Juni 2023.

3. ResponsĀ Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD saat RDP dengan Komisi III terkait transaksi janggal 394 Triliun

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menkopolhukam, Mahfud MD merespon terkait permasalahan pemerintah yang memiliki hutang besar Rp800 miliar ke Jusuf Hamka. Ia akan segera mempelajari serta menemui pihak kementerian keuangan untuk menjelaskan hutan tersebut.

"Nanti saya pelajari, saya enggak tahu pemerintah punya utang sama dia. Saya kira kontrak-kontrak biasa tinggal pembayaran, nanti saya tanya ke Kemenkeu," kata Mahfud di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu, 11 Juni 2023.

4. Jusuf Hamka Kecewa Tanggapan Sri Mulyani

Mahfud MD dan Menkeu Sri Mulyani RDP dengan Komisi III Terkait 394 Triliun

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jusuf Hamka kecewa dengan tanggapan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait permasalahan utang pemerintah kepada perusahaan yaitu PT Citra Marga Nusaphala Persada.

"Gimana bu? waktu Ibu ketemu saya kan sudah saya kasih berkasnya ke Ibu. Bahkan Ibu suruh saya hubungi DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara), Ibu diskusi ke bawah. Gimana belum pelajari yah?. Saya juga enggak ngerti, ya sudah la, kita pasrah aja," ujar Jusuf saat dihubungi VIVA Bisnis, Jumat, 9 Juni 2023.

5. Belum Ada Itikad Baik dari Pemerintah

Jusuf Hamka.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jusuf Hamka mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah belum menghub dirinya terkait permasalahan utang yang mencapai Rp800 miliar.

"Enggak ada (hubungin), enggak ada. Mungkin enggak penting kali sebagai rakyat yang enggak penting kali saya. Ntar rakyatnya minta-minta bansos baru lebih penting kali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya