Digitalisasi Makin Berkembang, Peluang RI Bangun Industri Data Center Terbuka Lebar

Ilustrasi data center
Sumber :
  • www.pixabay.com/Akela999

Jakarta –  Perusahaan skala internasional bidang kelistrikan dan infrastruktur gedung digital, Legrand Indonesia, menggelar 'Data Center Summit 2023' guna membahas isu-isu seperti tren pasar dan peluang usaha data center, serta proyeksi pertumbuhan industri data center di Tanah Air.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Country Manager Legrand Indonesia, Achraf Hegazy mengatakan, selain membahas pentingnya peran data center, acara tersebut juga bertujuan untuk mempersatukan dan mendorong terjadinya kolaborasi antara para pemimpin industri, rekanan, dan pelaku usaha lainnya.

"Harapannya acara ini dapat menjadi platform bagi Legrand Indonesia, untuk berkontribusi kepada pertumbuhan berkelanjutan data center di Indonesia. Bersama-sama kita siap untuk membentuk industri ini," kata Achraf Hegazy dalam keterangannya, Senin, 12 Juni 2023.

Bappebti Bentuk Komite Aset Kripto, Indodax Sebut Bisa Tingkatkan Kepercayaan

Data center.

Photo :
  • Sabey Data Centers

Dia menjelaskan, Data Center Summit 2023 secara khusus juga menekankan pentingnya keberadaan data center yang berkelanjutan di Indonesia. Sebab, perkembangan zaman terkini di mana sektor digital menjadi salah satu unsur utamanya, tidak bisa mengenyampingkan urgensi pengembangan industri data center di Indonesia itu sendiri.

IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

Menurutnya, semakin bergesernya cara masyarakat hidup, bermain, dan bekerja ke arah digital, maka semakin banyak pula konsumen dan pengusaha yang mau tak mau harus menganut dan beradaptasi dengan teknologi digital yang baru.

Hal inilah yang tentunya akan mendorong peningkatan dalam kebutuhan infrastruktur digital, sehingga mendorong pembuatan data global yang juga beriringan tumbuh secara eksponen.

"Data center yang dapat diandalkan, efisien, dan berkelanjutan, dapat menjadi komponen penting dalam ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

Senada, Ketua Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), Hendra Suryakusuma mengaku, pihaknya sendiri melihat banyak potensi yang dapat didiskusikan dalam membahas mengenai pentingnya pengembangan industri data center di Tanah Air.

"Kami berharap Legrand Indonesia dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi untuk industri data center di Indonesia, dalam hal keberlanjutan dan peningkatan efisiensi energi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya