IHSG Dipengaruhi Pagu Anggaran Pemerintah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 5 poin atau 0,09 persen di level 6.693, pada pembukaan perdagangan Kamis, 15 Juni 2023.

IHSG Dibayangi Konsolidasi Wajar Jelang Rilis Data Cadangan Devisa

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis 15 Juni 2023.

Dibuka menguat, IHSG Ditopang Sentimen Positif Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan, DPR RI menyetujui pagu indikatif Kementerian Keuangan senilai Rp 48,35 triliun, untuk tahun anggaran 2024. Pagu indikatif itu terbagi ke dalam lima program.

Kinerja Emiten hingga Pembagian Dividen Topang IHSG Pekan Ini

Kelimanya yaitu Kebijakan Fiskal sebesar Rp 40,23 miliar, Pengelolaan Penerimaan Negara mencapai Rp 2,48 triliun, serta Pengelolaan Belanja Negara senilai Rp 28,74 triliun.

"Program lainnya yaitu Perbendaharaan Kekayaan Negara dan Risiko (PKNR) sebesar Rp 310 miliar, dan pagu terbesar berada pada program Dukungan Manajemen, yang di dalamnya mencakup gaji dan biaya operasional, mencapai Rp 45,49 triliun," ujar Ratih. 

Sebagian besar pagu indikatif akan bersumber dari rupiah murni sebesar Rp 38,9 triliun, sementara Rp 21 triliun berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.670-6.755," ujarnya.

Selain itu, ia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni BRIS, SMRA, MAPI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya