Masyarakat Baru Bisa Ikut Uji Coba LRT pada Tahap Kedua, Ini Penjelasan KAI

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta Uji coba terbatas LRT Jabodebek akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama yakni pada tanggal 12-26 Juli 2023, yang dikhususkan bagi stakeholder dan undangan Kementerian Perhubungan.

RUPST Bukit Asam Sepakat Tebar Dividen Rp 4,6 Triliun, 75 Persen dari Laba Bersih

Sementara tahap kedua yakni pada 27 Juli-15 Agustus 2023, diperuntukkan bagi masyarakat umum yang telah mendaftar sebelumnya.

Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan, di tahap pertama uji coba operasional LRT Jabodebek pada 12-26 Juli 2023, akan dilakukan pengoperasian 22 perjalanan setiap harinya.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

"Lalu di tahap kedua pada 27-15 Agustus 2023 akan dilakukan 434 perjalanan tiap hari, di mana 6 perjalanan di antaranya untuk angkutan terbatas," kata Didiek di kawasan Harjamukti, Depok, Rabu, 12 Juli 2023.

"Kemudian masyarakat umum juga bisa ikut uji coba sistem tiketing, guna mendukung operasional secara komersil pada 18 Agustus 2023," ujar Didiek.

Anggota DPR Minta Kemenhub Kaji Ulang Penurunan Kelas 17 Bandara Internasional

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Didiek berharap, kehadiran LRT Jabodebek ini nantinya akan menjadi moda transportasi andalan baru bagi masyarakat. Terutama bagi warga Bogor, Depok, dan Bekasi, yang rutin pulang-pergi ke Jakarta setiap hari.

"Rencananya, LRT Jabodebek akan ada sampai 560 perjalanan setiap harinya, dengan headway antara 3-6 menit," ujarnya.

Diketahui, LRT Jabodebek mulai menjalankan uji coba operasional terbatas pada hari ini, Rabu, 12 Juli 2023. Dalam uji coba tahap pertama ini, diikutii oleh undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga (K/L), jurnalis/media, dan komunitas. Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Safety adalah satu hal yang paling penting dalam kegiatan transportasi. Mangkanya dalam ini kita sebut uji coba terbatas. Dan dilakukan uji coba secara bertahap," kata Menhub.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya