Rupiah Menguat Pagi Ini, Outlook Rating Utang RI Jadi Sorotan

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis pagi, 27 Juli 2023. Rupiah menguat sebesar 3 poin atau 0,22 persen ke posisi Rp 15.019 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.022 per dolar AS.

Pemerintah Lakukan Ini Pasca Kecelakaan Maut Bus di Subang

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.032 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah pada hari ini. Dia mengatakan, Lembaga Pemeringkat Rating and Investment Information, Inc. (R&I) telah meningkatkan outlook Indonesia menjadi positif dari sebelumnya stabil.

Sempat Dihentikan, AS Kirim Lagi Bantuan Militer ke Israel Senilai Rp 16 Triliun

Ilustrasi uang rupiah di bank

Photo :
  • vstory
"Keputusan ini didukung oleh kinerja
Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan
ekonomi RI yang tetap kuat, dan ketahanan ekonomi yang terjaga di tengah ketidakpastian ekonomi global, inflasi dan defisit fiskal yang kembali dalam target lebih cepat dari perkiraan, stabilitas keuangan yang terjaga, serta tren penurunan rasio utang Pemerintah," kata Ibrahim dalam risetnya Kamis, 27 Juli 2023. 

Ibrahim mengatakan, peningkatan outlook Indonesia menunjukkan keyakinan kuat pemangku kepentingan internasional atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia yang tetap terjaga. Di mana kini ketidakpastian ekonomi global dan pasar keuangan terus meningkat.

Ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory
Ibrahim menuturkan, Pemerintah juga memproyeksikan pertumbuhan PDB akan berada pada kisaran 5,0 persen hingga 5,3 persen pada 2023. Kebijakan struktural yang ditempuh Pemerintah terkait perbaikan lingkungan bisnis, pembangunan infrastruktur, dan penguatan sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam pencapaian target pertumbuhan jangka menengah.

"Mata uang rupiah fluktuatif namun, ditutup melemah direntang Rp 15.010-Rp 15.080," ujarnya.

Ilustrasi pendaftar Kartu Prakerja.

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, buka suara soal kelanjutan Program Kartu Prakerja di era pemerintahan Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024