Gandeng MIND ID, Menteri Basuki Genjot Reforestasi di Lokasi Proyek IKN

Reforestasi IKN.
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan, MIND ID, mendukung upaya Pemerintah melakukan reforestasi khususnya dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, keikutsertaan MIND ID dalam upaya reforestasi buatan yang digarap di lahan IKN oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) ini, adalah dengan menyediakan puluhan ribu pohon yang akan ditanam di wilayah IKN.

"Sudah ada puluhan ribu pohon dengan ketinggian antara 5-10 meter, yang siap ditanam di lokasi proyek IKN sebagai upaya reforestasi. Penanaman akan mulai dilakukan pada awal musim hujan 2023, tepatnya pada September mendatang," kata Basuki dalam keterangannya, Senin, 7 Agustus 2023.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Antara

Dia memastikan, saat ini di nursery PPAD sudah menyiapkan 42 ribu tanaman lebih yang ada di IKN. "Dengan dibantu MIND ID untuk operasionalnya, sampai nanti proses penanamannya," ujarnya.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Senada, Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, langkah reforestasi yang dilakukan MIND ID di IKN tersebut, merupakan wujud dari tujuan pembangunan berkelanjutan yang diusung perusahaan.

Reforestasi di IKN menurutnya merupakan bentuk komitmen MIND ID bersama para pemangku kepentingan lainnya, untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. "Hal ini sesuai dengan bagian dari perwujudan Noble Purpose MIND ID, 'We explore natural resources for civilization, proseperty and a brighter future'," kata Heri.

Selain itu, lanjut Heri, sepak terjang MIND ID bersama dengan anggota perusahaan dalam melakukan upaya reforestasi, tercatat sudah menanam lebih dari 6 juta pohon hingga akhir tahun 2022.

Capaian ini tentunya belum mencapai garis finish, di mana ke depan MIND ID akan terus berkomitmen melakukan upaya-upaya reforestasi dan kegiatan peduli lingkungan lainnya yang berdampak besar terhadap upaya dekarbonisasi.

"Ini sesuai dengan salah satu pilar MIND ID, Sustainable Pathway, dengan berfokus pada aspek lingkungan dan perubahan iklim melalui pelestarian keanekaragaman hayati dan konservasi, dekarbonisasi, pengelolaan air, pengelolaan limbah, hingga produksi yang bertanggung jawab," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya