Vietnam Diakui Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi ASEAN karena Ini

Jokowi Bersama PM Vietnam
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jakarta – Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid mengungkapkan, Vietnam merupakan motor penggerak dari pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN. 

Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

Arsjad mengatakan, Vietnam memiliki industri yang mampu bersaing dengan pasar serta memiliki rantai pasokan yang sangat berdaya tahan atau resilien. 

"Kami mengakui bahwa Vietnam merupakan motor dari pertumbuhan ekonomi ASEAN. Dengan industri yang sangat bersaing dan juga rantai pasokan yang sangat resilien," kata Arsjad dalam ASEAN Business & Investment Summit, Senin 4 September 2023.

Momen Kocak Maling Motor Bertato Video Call Emak saat Mau Digebuki Warga Koja

Presiden Jokowi dan PM Vietnam

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Sebelumnya Arsjad mengatakan, sektor swasta berperan signifikan untuk memperkuat reformasi kebijakan di negara-negara Asia Tenggara. Sebagai salah satu pilar pertumbuhan ekonomi, swasta aktif membantu pemerintah untuk mendorong reformasi kebijakan dan menempatkan ASEAN menjadi pusat keterhubungan ekonomi global.
 
“Penyelenggaraan KTT ASEAN Business & Investment Summit 2023 memperkuat posisi sektor swasta dalam mendorong reformasi kebijakan dan menempatkan ASEAN sebagai pusat keterhubungan ekonomi global,” kata Arsjad saat berpidato pada pembukaan ASEAN Business & Investment Summit (ABIS) 2023 di Hotel Sultan Jakarta, akhir pekan lalu.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Dalam pertemuan yang diinisiasi ASEAN Business Advisory Council, juga  menyoroti peran strategis sektor swasta dalam mendorong diskursus global dan regional mengenai tema-tema utama KTT, seperti Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Kesehatan, Ketahanan Pangan, dan Fasilitasi Perdagangan dan Investasi.

Chairman ASEAN-BAC Arjad Rasjid.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Dia menuturkan dari keketuaan Indonesia,  ASEAN kini tampil sebagai salah satu organisasi regional yang paling mampu bertahan dan sukses menciptakan pendekatan yang berpusat pada pembangunan ekonomi dan keamanan regional yang diwujudkan dalam konsep “Sentralitas ASEAN."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya