Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah dan Halal, BI Dukung Modest Fashion RI Mendunia

Modest Fashion.
Sumber :
  • IN2MF

Jakarta – Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah, bahu membahu dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya sektor modest fashion (gaya berbusana santun). Hal itu dilakukan dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Untuk itu, Bank Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Paris mendukung Indonesia Internasional Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST). Di mana acara itu diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) pada 2 September 2023 di ajang Paris Front Row. 

"IN2MOTIONFEST tidak hanya menampilkan kekayaan produk modest fashion Indonesia, namun juga gaya hidup halal Indonesia ke pasar global. Khususnya di bidang modest fashion yang bertujuan untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai hub industri halal global," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung dalam keterangannya Selasa, 5 September 2023.

Utang Luar Negeri RI Kuartal I-2024 Turun Jadi US$403,9 Miliar, Investor Tarik Dana di SBN

Juda Agung.

Photo :
  • istimewa.

Juda menuturkan, dari sinergi itu diharapkan akan membuka akses global, mengoptimalkan potensi Indonesia yang besar untuk menjadi produsen produk halal, dan memperkuat perannya sebagai pelaku usaha global. 

Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi RI 2024 Tumbuh 5,06 Persen

"Indonesia kini berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal, menawarkan beragam produk dan layanan halal, dan modest fashion juga telah berkembang menjadi salah satu bidang utama di Indonesia," ujarnya. 

Afirmasi tersebut didukung laporan State Global Islamic Economy Report 2022 yang menunjukkan Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah Uni Emirat Arab dan Turki dalam sektor modest fashion. Untuk itu, industri modest fashion sebagai salah satu sektor utama dalam industri halal dengan potensi yang melimpah perlu dikembangkan lebih lanjut.

MUFFEST+ 2023 Dukung Modest Fashion Indonesia ke Kancah Dunia

Photo :
  • MUFEST+

Mendukung hal tersebut, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar menyampaikan Indonesia sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia berkomitmen untuk menjadi pusat modest fashion dunia. 

Sinergi bersama Bank Indonesia, Kemenkop UKM, IFC serta seluruh penggiat mode Indonesia akan mengangkat kehadiran IN2MOTIONFEST semakin berkibar di panggung mode dunia. Selain keunggulan wastra Indonesia yang kaya inspirasi, kontribusi generasi muda dalam pengembangan industri fesyen dan ekonomi kreatif berdampak besar dalam menumbuhkan kreatifitas, inovasi, dan keberlanjutan modest fashion Indonesia. 

Salah satu aspek utama lainnya dari IN2MOTIONFEST adalah inklusivitasnya, di mana acara ini menjadi pemersatu bahwa fashion adalah bahasa universal yang dapat menjembatani dan mendorong pengembangan kerjasama ekonomi dan keuangan global yang lebih luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya