Dukung KTT ASEAN, PPATK Perkuat Pencegahan Pencucian Uang di Kawasan

Ivan Yustiavandana Kepala PPATK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana, menyatakan bahwa PPATK sebagai salah satu financial intelligence unit (FIU) di Asia Tenggara ikut mendukung KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta. Hal itu salah satunya dengan pencegahan dan pemberantasan pencucian uang di kawasan. 

BI dan MUI Teken Kerja Sama Pengembangan Pasar hingga Digitalisasi Pengelolaan Syariah

Ivan mengatakan, salah satu bentuk penguatan kontribusi PPATK yang sudah dilakukan di antaranya penandatanganan MOU financial intelligence unit yang ada di ASEAN dan sekitarnya.

"Sebagai Financial Intelligence Unit (FIU), PPATK akan berfokus pada penguatan stabilitas sistem keuangan di kawasan ASEAN dengan pencegahan dan pemberantasan pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan Against Green Financial Crime (GFC)," kata Ivan dalam keterangannya Senin, 4 September 2023. 

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

Ivan menuturkan, PPATK dalam hal ini juga menerbitkan dokumen Regional Threat Assessment: Transnational Laundering of Corruption Proceeds, yang memetakan aliran dana kejahatan pencucian uang yang berasal dari hasil korupsi. 

"Terselesaikannya dokumen asesmen ini tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara PPATK dengan lembaga intelijen keuangan Australia (AUSTRAC), Brunei Darussalam (AMBD), Filipina (AMLC), Malaysia (UPW-BNM), Selandia Baru (NZFIU), Singapura (STRO), dan Thailand (AMLO)," jelasnya. 

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

Menurutnya, usaha ini ditempuh sebagai bentuk kerja sama dan kolaborasi dengan counterpart PPATK dalam hal pencegahan dan pemberantasan pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan pemberantasan green financial crime

Selain itu, menurut Ivan, PPATK melakukan pendampingan terhadap FIU-FIU lain di ASEAN agar dapat menjadi anggota tetap dari Egmont Group. Itu melalui serangkaian proses assessment, onsite visit, dan kriteria-kriteria lainnya yang sudah ditetapkan Egmont Group seperti pembentukan kerangka hukum dan technical assistance

"Hasilnya, sponsorship PPATK memberikan sumbangsih yang signifikan bagi perkembangan FIU Timor Leste dan Laos," ujarnya. 

Ivan juga menambahkan bahwa pertukaran informasi intelijen dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) PPATK dengan berbagai counterparts di luar negeri dan kawasan pun secara aktif terus dilakukan. Hal ini sebagai upaya peningkatan kapasitas meliputi peningkatan operasional dan peningkatan mutu SDM PPATK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya