Gelar Pelatihan Calon Pendamping Sertifikat Halal, Asoppsi Gandeng Kolaborator

Ilustrasi produk dan logo halal.
Sumber :
  • Official MIHAS

Jakarta – Asosiasi pengusaha pemula sukses indonesia (Asoppsi) berkolaborasi dengan lembaga pendamping proses produk halal LP3H Universitas Pramita Indonesia. Sekjen Asoppsi, Rian menjelaskan bahwa kolaborasi tersebut dalam bentuk pelatihan para calon pendamping sertifikat halal yang dilakukan Jumat 8 September 2023 sampai Minggu 10 September 2023.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

"Pelatihan ini dilaksanakan secara daring selama 3 hari dimulai dari hari ini Jumat 8 September 2023 sampai Minggu 10 September 2023," ujar Rian berdasarkan keterangannya yang diterima, Senin.

Logo halal MUI.

Photo :
  • Bimas Islam Kemenag
Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Rian menginformasikan, setidaknya sebanyak 400 orang peserta yang mengikuti pelatihan calon pendamping sertifikat halal, terdiri dari berbagai provinsi di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan para pendamping ini adalah ntuk memudahkan para pelaku usaha mendapatkan izin produk halal di seluruh Indonesia.

"Para pendamping akan melakukan jemput bola ke para pelaku UMKM atau pengusaha pemula untuk membantu pengurusan izin sertifikat halal," kata Rian.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

Sementara itu, di tahun 2024 para pelaku UMKM atau pengusaha pemula di Indonesia usaha atau produk yang dimiliki sudah bersertifikat halal sesuai dengan peraturan pemerintah wajib sertifikat halal di tahun 2024. 

Rian memastikan pihaknya terus membuka ruang kolaborasi ke berbagai stakeholder dalam membantu mengembangkan usaha UMKM terutama bagi para pelaku usaha pemula. 

"Dimulai dari pendampingan usaha dalam membangun kepercayaan diri berwirausaha (caracter building), strategi market, pencatatan keuangan, perizinan usaha (coaching clinic wirausaha)," jelas Rian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya