Pengusaha Asing Antre Investasi di IKN, Jokowi: Investor Dalam Negeri Harus Didahulukan

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Hotel Nusantara IKN.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis, 21 September 2023. Menurut Kepala Negara, banyak investor luar negeri yang mengantre, tapi tetap investor dari dalam negeri lebih diprioritaskan.

Sukses Jalankan Misi Perdamaian di Kongo, 1.021 Prajurit TNI Dianugerahi Satya Lencana dari Jokowi

“Investor di dalam negeri harus didahulukan. Kalau ndak, pasti saya dikomplain. Pak di dalam negeri yang punya duit banyak, ngapain cari ke Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, UEA. Pasti ada yang berbicara seperti itu,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Hotel Nusantara IKN.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Grace Natalie Dipanggil Jokowi ke Istana, Bilang Ada Penugasan dari Presiden

Jokowi menargetkan bulan Juli atau awal Agustus 2024 pembangunan kawasan IKN Nusantara sudah bisa diselesaikan, sehingga bisa menjadi kunci untuk menarik investor. Bahkan, kata dia, belum selesai saja sudah berbondong-bondong investor dari luar negeri yang ingin menanamkan modalnya di IKN.

“Telah datang dari Korea beberapa bulan lalu 30 investor, Jepang ada 40 investor, dari Singapura ada 120 investor. Sudah ke sini jauh-jauh, pasti ada kalkulasinya, ada hitungannya. Kemarin juga baru saja dari UEA datang, setelah datang langsung temui saya. Artinya apa? Tertarik,” jelas dia.

Harta Kekayaan Presiden Jokowi Meningkat, Kini Jadi Rp 95,8 Miliar

Akan tetapi, Jokowi tidak mau mengambil dari investor asing dulu. Memang, lanjutnya, dulu banyak pengusaha dalam negeri yang ditawarkan untuk investasi di IKN Nusantara yang diam saja. Namun, sekarang begitu ada konsorsium, baru berminat.

“Pak kok saya enggak ditawari, Pak kok saya enggak diajak. Gimana sih? Dulu dikumpulin kita jajak pasar, enggak sekali dua kali loh,” ungkapnya.

Maka dari itu, Jokowi melihat beberapa para pengusaha ternama di Indonesia rela meluangkan waktunya untuk terbang ke IKN Nusantara menyaksikan peletakan batu pertama Hotel Nusantara. Padahal, kata dia, mereka terbilang sangat sibuk tapi bisa menyempatkan waktunya untuk menyaksikan langsung. Tentu, Jokowi menduga mereka juga berpikiran untuk mencari cuan.

“Beliau-beliau ini kan orang yang sangat sibuk, mau jauh-jauh ke sini pasti mau nonton beneran enggak sih Nusantara itu bagus ndak. Itu pasti akan memastikan dan enggak mungkin beliau ini mau mulai dengan Rp 20 triliun kalau enggak ada cuannya. Dipikir beliau ini adalah lembaga sosial, bukan. Menanamkan modalnya pasti akan mencari keuntungan sebesarnya dan itu wajar,” ucapnya.

Oleh karenanya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para investor yang telah hadir langsung dalam peletakan batu pertama Hotel Nusantara di IKN. “Ini memberikan confident, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya