Jokowi Ungkap Penyebab Penjualan UMKM hingga Pasar Anjlok

Presiden Jokowi bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan blusukan ke pasar
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Kalimantan Timur – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bisnis lewat e-commerce salah satunya seperti TikTok berdampak buruk bagi para pemilik usaha kecil, mikro (UKM) hingga pedagang di pasar konvensional.

Reaksi Jokowi soal Fotonya Dicopot dari Sejumlah Kantor PDIP

Menurutnya, bisnis di TikTok itu membuat penjualan pemilik usaha kecil, mikro dan pedagang pasar anjlok. Hal ini disebabkan harga produk yang dijual di e-commerce dan pelaku UMKM serta pedagang pasar berbeda jauh.

"Kita tahu, itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro dan juga pada pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok, menurun," kata Jokowi usai meninjau jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 23 September 2023.

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Harusnya, kata Jokowi, TikTok hanya digunakan sebagai media sosial saja oleh masyarakat. Bukannya digunakan sebagai ekonomi media. "Mestinya kan dia itu (TikTok) sosial media, bukan ekonomi media," ujarnya.

Presiden Jokowi bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan blusukan ke pasar

Photo :
  • Dok. Istimewa
Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

Terkait hal itu, Jokowi lantas menyebut pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tengah membuat aturan terkait dengan bisnis melalui e-commerce.

"Ini baru disiapkan, itu kan lintas kementerian dan ini memang baru difinalisasi di Kementerian Perdagangan. Ini yang baru segera diatur, masih berada posisi regulasinya di Kementerian Perdagangan, yang lain sudah rampung, tinggal di Kementerian Perdagangan," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sampai saat ini tidak ada pengajuan apapun dari pemerintah untuk percepat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Rencananya, Pilkada.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024