TikTok Shop Bakal Resmi Tutup, Pedagang Terima Surat Ini

TikTok Shop
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – TikTok Shop tutup mulai Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Penutupan TikTok Shop lewat situs resmi TikTok.

Perajin di Bantul Ini Ubah Limbah Jadi Kerajinan Logam Beromset Ratusan Juta Per Bulan

Di laman resmi TikTok.com, TikTok menyatakan bahwa TikTok Shop Indonesia berhenti memfasilitasi transaksi e-commerce per 4 Oktober 2023, demi menghormati dan mematuhi hukum RI.

Trofi Most Wanted Brand TikTok Shop Summit 2022 Awards

Photo :
  • ist
Mardiono: Pemerintah Fokus Rumuskan Kebijakan yang Berpihak ke UMKM

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," kata TikTok.

TikTok menyatakan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah RI terkait langkah dan rencana perusahaan ke depan. Selain itu TikTok juga mengirimkan surat pemberitahuan kepada pedagang melalui surat elektronik, sebagaimana salah satu akun TikTok @.warungserbaada01 mengunggahnya.

Masa Depan Perekonomian Nusantara di Tangan Generasi Muda

Surat ini berkaitan dengan keputusan untuk tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam aplikasi TikTok. Ketetapan itu efektif per Rabu 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

"Melalui email ini kami ingin menyampaikan bahwa kami memahami kekhawatiran Anda dan kami sangat berterima kasih atas kesabaran serta dukungan Anda dalam beberapa hari terakhir," tulis surat yang dikirimkan melalui email kepada seller.

TikTok menyebut prioritas perusahaan adalah tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, perusahaan tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik agar dapat melayani Anda kemba di masa depan," kata TikTok.

"Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan. dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi seller TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini," tulis mereka.

TikTok menyatakan komitmen mereka tetap kuat dan terus berupaya melakukan penyesuaian produk untuk menemukan cara inovatif dalam mendukung pertumbuhan jangka panjang komunitas UMKM di Indonesia.

"Pengertian dan dukungan Anda sangat kami hargai. Kami berharap dapat segera bekerja sama dengan Anda kembali di TikTok Shop. Salam Hangat, Tim TikTok Shop Indonesia" tutup surat tersebut.

TikTok mengatakan keputusan menutup fitur TikTok Shop karena prioritasnya mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Permendag 31 Tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya