Prabowo Bakal Hilirisasi 21 Komoditas Jika Jadi Presiden

Pendaftaran bakal capres Prabowo Subianto dan bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka ke KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto menegaskan, akan melanjutkan hilirisasi yang merupakan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hilirisasi itu akan dilakukan pada 21 komoditas.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Prabowo mengatakan, melalui hilirisasi akan mendorong perekonomian Indonesia menuju makmur. Sebab, penerimaan akan mengalami perbaikan lewat hilirisasi.

"Kadang-kadang dengan kebijakan dapat mengubah suatu bangsa, dengan hilirisasi kita bisa menghentikan mengalir keluarnya kekayaan negara," kata Prabowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Rabu, 8 November 2023.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Prabowo Subianto.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Prabowo menjelaskan, akan ada 21 komoditas strategis dunia yang akan di hilirisasi. Hal itu di antaranya batu bara, nikel, timah, tembaga, bauksit, besi baja, emas perak, aspal buton, minyak bumi, gas bumi, sawit, kelapa, karet, biofuel, kayu log, getah pinus, udang, perikanan, rajungan, rumput laut, dan garam.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

"Kita sudah membuat pohon-pohon industri dari 21 komoditas yang strategis di dunia, kita sudah membuat petanya pohon induknya," ujarnya.

Kementan memperkuat hilirisasi pertanian di kawasan food estate

Photo :
  • Kementan

Prabowo menegaskan, jika 21 komoditas sudah ditetapkan untuk dilakukan hilirisasi. Seluruh investor baik dalam negeri dan asing bisa ikut dalam pengolahan.

"Kalau dia tidak mau ikut, ya sudah enggak usah masuk Indonesia. Kita cukup besar, kita cukup kaya, dan pemerintah kalau perlu, pemerintah yang bangun smelter, tidak ada urusan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya