Harga Cabai Meroket Tembus Rp 100 Ribu per Kg, Jokowi: Ini Kan Musiman

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal kenaikan harga beras hingga cabai saat melakukan kunjungan kerja ke Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis, 9 November 2023. Sebab, masyarakat mengeluhkan kenaikan harga komoditi tersebut.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

“Yang beras kan memang sudah agak lama yang beras. Kalau yang naik tinggi memang cabai, tapi ini kan musiman,” kata Jokowi.

Memang, menurut Jokowi, kalau musim seperti ini, pasti harga cabai sudah mencapai Rp 100 ribu per kg. Namun, Jokowi melihat harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

“Yang lain-lain saya liat bawang merah, bawang putih, telur semuanya kondisi stabil,” ujarnya.

Harga cabai melonjak di sejumlah pasar di Kabupaten Lampung Selatan

Photo :
  • Pujiansyah (Lampung)
Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Maka dari itu, Jokowi mengatakan pemerintah akan terus berupaya menurunkan harga bahan pokok terutama beras. Karena, kata dia, beras merupakan makanan pokok masyarakat di Indonesia.

“Pasti adalah segitu banyaknya komoditas kemudian ada satu, dua yang naik. Tapi yang paling penting kita akan berusaha keras di beras, karena itu makanan pokok kita. Sampai saat ini belum bisa turun secara drastis, tapi paling tidak sudah tidak naik,” ungkapnya.

Sementara, Jokowi menepis kenaikan harga beras itu karena adanya bantuan sosial (bansos). Justru, kata dia, bansos itu kaya operasi pasar. Sehingga, lanjut dia, dengan diberikan bansos itu permintaan masyarakat masyarakat jadi turun.

“Yang kita akan lakukan ada operasi pasar, ada, kemudian bantuan pangan beras 10 kg untuk 21,3 juta masyarakat juga sudah. Sebenernya semua sudah dioperasi di semua sudut, tapi memang harga internasionalnya semua naik,” katanya.

Pedagang cabai ungkap harga naik tembus Rp 100 ribu per kg.

Photo :
  • VIVA/Andrew TIto

Diberitakan sebelumnya, harga penjualan cabai merah di pasar tradisional Koja Jakarta Utara tembus Rp 100 ribu per kilogram (kg). Seorang pedagang di Pasar Koja Baru, Jasnita (49) mengaku heran dengan harga cabai tersebut.

Jasnita mengatakan, kenaikan harga cabai saat ini sangat berbanding jauh dengan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru pada dua tahun terakhir.

"(Rp 100.000 per kilogram) tinggi banget. Dua tahun belakangan ini enggak begini. Paling mahal, Rp 60.000," ujar Jasnita dalam keterangannya di Pasar Koja Jakarta Utara, Kamis, 9 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya