Gibran Lanjutkan Hilirisasi Supaya Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Paslon capres dan cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan Indonesia sebagai negara besar harus mampu keluar dari middle income trap. Menurut dia, kuncinya tentu harus mampu menaikkan nilai tambah di dalam negeri.

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini

“Dit engah gempuran pertempuran resesi global, perang dagang, konflik geopolitik, rata-rata pertumbuhan ekonomi negara kita tetap tahan di rata-rata 5 persen,” kata Gibran saat debat calon wakil presiden di JCC Senayan pada Jumat malam, 22 Desember 2023.

Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas didukung dengan penurunan angka pengangguran, angka kemiskinan, penurunan gini rasio, dan juga angka inflasi yang terkendali. Maka dari itu, Gibran akan melanjutkan hilirisasi.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital dan lain-lain,” jelas dia.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Selain itu, Gibran mengatakan pasangan nomor urut 2 bersama Prabowo juga akan melanjutkan pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris, genjot terus ekonomi kreatif dan UMKM

“Kita punya 64 juta UMKM yang menyumbangkan 61 persen untuk PDB kita. Jika 4 langkah tadi bisa kita penuhi, Insya Allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya