Tak Berani Pasang Target Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Cak Imin: Khawatir Ujungnya Utang

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD menanyakan, terkait target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan Ganjar Pranowo dan Muhaimin Iskandar hanya sebesar 5,5 persen hingga 6 persen. Dia heran mengapa target itu tidak sebesar 7 persen. 

Disebut Gak Bisa Bayar Cicilan Tanpa Lesti, Rizky Billar Tantang Netizen

Menjawab hal ini, cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, target pertumbuhan ekonomi sebesar 7-8 persen bisa saja ditetapkan. Namun, pertumbuhan ekonomi menjadi tidak berkualitas. 

"Kalau membuat target pertumbuhan bisa saja 7-8 persen, bisa saja. Tapi yang ingin kita wujdukan adalah pertumbuhan yang berkaulitas dan inklusif," ujar Cak Imin dalam Debat Cawapres di JCC, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

FOKUS: Ciamis Berdarah

Cawapres 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertanya ke Cawapres Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Cak Imin menjelaskan, pertumbuhan berkualitas memiliki dampak langsung. Seperti menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan pemerataan pembangunan. 

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Sehingga menurutnya, penetapan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen hingga 6 persen merupakan hal realistis.

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Target 5,5-6 persen itu dengan kalkulasi agar kalau kita tidak terlampau realitsitis, kita khawatir ujung-ujungnya utang luar negeri," ujarnya. 

"Utang luar negeri yang terlalu banyak mengakibatakan beban, bukan hanya pemerintahan hari ini, tapi juga anak turunan kita akan mengalami banyak beban utang yang panjang," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya