Gibran Singgung Kebijakan Jokowi Mampu Tekan Impor Minyak RI

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyebut, kebijakan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mampu menekan angka impor minyak RI. Beberapa kebijakan ini mengenai pemanfaatan biodiesel 35 persen (B35), bio avtur, dan bioetanol.

Khofifah Beberkan Arahan Jokowi ke Forum Rektor untuk Percepatan Indonesia Emas 2045

Gibran mengatakan, dalam agenda kedepan masalah energi hijau harus terus didorong. Karena, menurutnya RI tidak lagi boleh lagi bergantung pada energi fosil.

"Kita dorong terus energi hijau yang berbasis bahan baku nabati seperti yang saya katakan tadi bioetanol, bio avtur, biodiesel sekarang sudah terbukti dengan adanya B35 dan B40. Ini sudah mampu menurunkan nilai impor minyak kita, meningkatkan nilai tambah produksi sawit di dalam negeri, dan juga lebih ramah lingkungan," ujar Gibran dalam Debat Cawapres Minggu, 21 Januari 2024.

Pria yang Nyelinap ke Belakang Jokowi Ternyata PNS di Kabupaten Konawe

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gibran juga bicara mengenai pembangunan rendah karbon yang berkeadilan. Menurutnya, saat ini yang menjadi tantangan adalah mencari titik keseimbangan atau titik tengah dalam menjaga kelestarian lingkungan, di tengah Pemerintah menggenjot hilirisasi industri.

Kronologi Pria yang Nyelinap ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres

"Kita ingin meningkatkan produktivitas petani dan juga sektor maritim tapi kita juga wajib menjaga keseimbangan alam," ujarnya.

Gibran melanjutkan, dalam pelaksanaannya, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan sustainability report wajib dilakukan.

"Jangan sampai ada alih fungsi lahan yang sekiranya merugikan pengusaha lokal UMKM lokal ataupun masyarakat adat setempat," jelasnya.

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sekali lagi potensi energi baru terbarukan juga luar biasa sekali ada energi surya, angin, air, bio energi, panas bumi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya