BTN Manfaatkan AI hingga Big Data Bikin Nasabah Makin Loyal

Ilustrasi Bank BTN
Sumber :
  • Dok. BTN

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN telah menerapkan Artificial Intelligence (AI), dengan memberdayakan teknologi Big Data dan Machine Learning secara komprehensif.

Teknologi AI Prediksi Timnas Inggris Mandek di Perempatfinal Piala Eropa 2024

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan juga sudah menggunakan teknologi berbasis AI, untuk mendorong pertumbuhan bisnis hingga manajemen risiko.

"Seperti menjaga agar kolektabilitas nasabah tetap lancar selama menjadi nasabah BTN," kata Nixon dalam keterangannya, Rabu, 22 Mei 2024. 

Ini Peran Generasi Muda dalam Memanfaatkan Media Digital untuk Promosi Budaya

Selain itu, BTN juga mengembangkan segmentasi pelanggannya untuk menjangkau potensi pasar yang lebih luas. "Dengan transformasi digital yang dilakukan, BTN berharap untuk menjadi lebih terhubung dengan pelanggan, menghadirkan layanan yang lebih personal, dan merangkul perubahan menuju dunia digital," ujar Nixon.

Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Google Bantu Indosat Berlari Cepat

Dia memastikan, penerapan AI ini akan menjadi salah satu perjalanan transformasi IT, khususnya Big Data. Hal ini merupakan rangkaian strategi BTN menuju Advanced AI-Data Driven, yang juga disertai dengan pembaharuan dan implementasi teknologi terkini untuk ekosistem Big Data.

"Beberapa pembaharuan dan implementasi teknologi terkini tersebut seperti, membangun Data Warehouse, Data Lake, Master Data Management, penggunaan Cloud, dan lain sebagainya," ujarnya.

Direktur IT BTN, Andi Nirwoto menambahkan, implementasi AI ini bagian langkah strategis dalam mewujudkan visi BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia. Penerapan AI sudah dilakukan untuk menghasilkan berbagai business insight dan hyper segmentation, yang mengelompokkan nasabah dalam grup yang spesifik dan presisi.

"Sehingga BTN dapat memberikan solusi finansial yang terpersonalisasi kepada nasabah sesuai dengan kebutuhannya," kata Andi.

Lebih jauh, Dia menilai bahwa penerapan AI yang sudah dilakukan BTN, juga mampu meningkatkan loyalitas dan engagement dengan nasabah. "Semua itu sejalan dengan komitmen BTN untuk senantiasa menjadi One Stop Mortgage Solution bagi nasabahnya," ujarnya.

Direktur IT & Digital, Andi Nirwoto.

Direktur IT & Digital, Andi Nirwoto.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Diketahui, beberapa bagian bisnis BTN yang menerapkan AI antara lain seperti penentuan segmentasi nasabah, kegiatan cross-sell dan up-sell produk simpanan, kredit, maupun investasi, aktivitas digital campaign hingga program terkait retensi dan winback. Dengan menggunakan AI, semua proses informasi, promosi, hingga penawaran produk bisa dijalankan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan profil serta kebutuhan nasabah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya