Ini Cara Pihak Ketiga Ambil Untung dari Petral

SPBU
Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said, menyampaikan, bahwa dibubarkannya Pertamina Energy Trading Limited (Petral) akan membuat diskon dari produsen minyak yang selama ini dinikmati pihak ketiga, bisa langsung dirasakan oleh PT Pertamina.

Audit Petral Dinilai Hanya Pencitraan Pemerintah

"Berkat pembubaran ini, diskon-diskon yang diberikan produsen minyak, yang selama ini dinikmati pihak ketiga tersebut, bisa langsung dinikmati oleh Pertamina, bisa langsung dialihkan untuk kepentingan masyarakat yang lain," Kata Sudirman di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu 8 November 2015.

Sudirman menjelaskan, bahwa kerugian yang terjadi selama ini adalah akibat campur tangan pihak ketiga, dimana diskon yang diperoleh dari produsen minyak dipangkas, dari yang seharusnya mendapat diskon 10 persen menjadi dua persen.

Selidiki Petral, KPK Libatkan Ahli Hitung Kerugian Negara

Sudirman menjelaskan, dengan dibubarkannya anak usaha dari PT Pertamina ini, maka diskon dari produsen minyak tersebut akan langsung diarahkan ke pemerintah lewat Pertamina.

"Tapi belum dihitung, berapa besar kerugian negara akibat ulah pihak ketiga ini," jelasnya.

Sepak Terjang Pemerintah Perjuangkan Kedaulatan Energi

Ia melanjutkan, jumlah kerugian akan segera terbongkar, ketika penegak hukum sudah mulai mendapatkan petunjuk.

"kalau ini sudah diajukan ke penegakan hukum, semua akan ketahuan. Karena akan diketahui dalamĀ  transaksi hari tertentu, misalnya, berapa besar diskon yang harusnya kita dapat, yang akhirnya menciut karena pengaturan oleh pihak ketiga ini," ujar dia. (ren)

KPK minta bantuan Pertamina selidiki kasus Petral.

Selidiki Kasus Petral, KPK Minta Bantuan Pertamina

Penyelidikan kasus Petral di KPK masih berjalan

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016