Hitung-hitungan Timnas U-19 Lolos ke Fase Gugur Piala Asia

Ekspresi pemain Timnas Indonesia seusai gawang kebobolan dari Timnas Qatar dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Persaingan di Grup A Piala Asia U-19 masih sengit. Masih ada tiga tim yang berpeluang lolos ke fase gugur Piala Asia.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Ketiganya adalah Timnas Indonesia U-19, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Posisi UEA lebih diuntungkan. Setelah meraup dua kemenangan, UEA kini memimpin klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin.

Sedangkan Qatar ada di posisi 2 dan Timnas U-19 menguntit dari posisi 3. Poin Qatar dan Timnas U-19 sama, yakni tiga. Namun, Qatar unggul dalam urusan head to head.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Dalam regulasi Piala Asia U-19, head to head memang menjadi indikator pertama saat ada dua tim atau lebih yang memiliki poin sama. Tim yang punya head to head lebih baik berhak berada di posisi atas.

Andai head to head dari tim-tim yang dimaksud seimbang, selisih gol baru berbicara. Selisih gol seimbang? Maka jumlah gol yang dicetak akan menentukannya.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

Nah, dengan kondisi ini, Timnas U-19 setidaknya harus bisa menang atas UEA, malam nanti, jam 19.00 WIB. Dengan meraih kemenangan, Timnas U-19 bisa membuka peluang lolos.

Jika Timnas U-19 menang atas UEA dan Qatar menundukkan Taiwan, maka akan ada tiga tim yang seimbang secara head to head. Dari kondisi ini, aturan head to head tak akan berlaku.

Maka, kondisinya adalah, selisih gol antara tim terlibat jadi penentu. Agar posisi Timnas U-19 bisa aman, mereka setidaknya harus menang, 1-0 cukup.

Lewat margin gol itu, Timnas U-19 bisa melewati torehan UEA. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya