Timnas Indonesia U-19 Vs Jepang, Rekam Jejak Mentereng Takefusa Kubo

Gelandang serang Timnas Jepang U-19, Takefusa Kubo
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Timnas Indonesia u-19 akan menantang Jepang dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu 28 Oktober 2018. Ada satu pemain yang mencuri perhatian jelang pertandingan ini, yakni Takefusa Kubo.

Gelandang serang berusia 17 tahun itu akan jadi andalan Tim Samurai guna membongkar lini pertahanan Timnas U-19. Sorotan kepada Kubo tak lepas dari rekam jejak menterengnya.

Dia merupakan pemain jebolan akademi La Masia milik Barcelona. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2015 dia menimba ilmu di sana.

Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Sang Penghancur Timnas Indonesia

Awalnya, dia mendapat undangan untuk menjalani seleksi. Jajaran pelatih La Masia kepincut dan memasukkannya di tim Barca Alevin C (U-11).

Takefusa Kubo

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Setahun berselang, Kubo berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dalam kompetisi yang diikuti. Dia mampu mencetak 74 gol dalam 30 pertandingan yang dilalui.

Tak aneh jika muncul julukan untuknya, yakni Lionel Messi dari Jepang. Sayangnya, pada usia 15 tahun, dia harus angkat kaki dari klub asal Catalan itu, menyusul adanya sanksi FIFA terkait transfer pemain di bawah umur.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Kubo pun akhirnya memilih pulang ke FC Tokyo. Di negeri asal, dia mencetak sejarah menjadi pemain termuda yang menjalani debut di J-League saat masih berusia 15 tahun 3 bulan.

Dikutip dari Japan Times, rekor Kubo itu mengalahkan pendahulunya, Takayuki Morimoto, yang mencatatkan debut pada usia 15 tahun 10 bulan.

Melawan Timnas U-19 nanti, Kubo diharap bisa memberi sumbangsih besar. Karena hanya dengan kemenangan, Jepang bisa mencapai target menuju Piala Dunia U-20 2019 yang akan berlangsung di Polandia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya