Racikan 'Aneh' Timnas Indonesia untuk Piala AFF, Apa Kata PSSI?

Skuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018
Sumber :
  • INASGOC/Charlie/

VIVA – Turnamen internasional paling bergengsi kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2018, sepekan lagi akan bergulir. Ada yang unik jika melihat komposisi pemain Timnas Indonesia yang akan jadi andalan di ajang tersebut. Ya, Tim Garuda lebih banyak dihuni oleh pemain muda.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

PSSI sebelumnya sudah merilis daftar 23 pemain yang akan berlaga di Piala AFF. Dari 23 nama, hanya ada enam pemain senior dalam skuat. Sementara sisanya adalah para pemain muda yang sebelumnya berlaga di SEA games 2017, dan Asian Games 2018. Dari 23 pemain, tercatat hanya Andritany Ardhiyasa, Fachrudin Aryanto, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Rizki Pora, dan Alberto "Beto" Goncalves.

Cukup unik memang komposisi pemain Timnas Indonesia di Piala AFF yang dihuni banyak pemain muda. Padahal, Piala AFF adalah turnamen level senior.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dikatakan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, komposisi ini adalah hasil dari proyeksi yang disusun oleh PSSI sendiri, pelatih (dalam hal ini pelatih sebelumnya, Luis Milla Aspas), dan ajang SEA Games, serta Asian Games.

Joko juga melihat optimisme yang ditunjukkan Bima Sakti, pelatih anyar Timnas Indonesia, yang cukup mengetahui performa pasukan mudanya. Sebab, Bima sebelumnya berposisi sebagai asisten Milla.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

"Rencana awal PSSI, pelatih, dan event yang kita ikuti selama dua tahun terakhir, adalah sebagai proyeksi untuk AFF ini. Bima Sakti saat ditunjuk melanjutkan Coach Luis (Milla) adalah bagian penting dalam pembentukan tim SEA Games dan Asian Games. Ini menjadi sangat rasional kalau tim Asian Games jadi tulang punggung di Piala AFF, meskipun event ini sekalipun ini khusus untuk senior," ujar Joko kepada wartawan.

"Karena tim Asian Games dinilai punya konsep bermain yang bagus, dan Coach Bima punya keyakinan akan itu. Jadi, para pemain senior akan berperan sebagai penguat tim," katanya.

Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2018 kontra Singapura. Hansamu Yama Pranata cs akan melawat ke National Stadium, Singapura, Jumat 9 November 2018.

Lihat perjuangan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia kemarin. Air mata bangga keluar dari mata mereka di depan puluhan ribu suporter di SUGBK. Cek dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya