Top Scorer Indonesia di Piala AFF, Bukan Bambang Pamungkas

Bomber legendaris Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto di Piala Tiger 2004.
Sumber :
  • vanfutbol.com

VIVA – Timnas Indonesia selalu melahirkan striker top dari setiap perhelatan Piala AFF. Sejak turnamen masih bernama Piala Tiger, 1996 silam, para bomber Indonesia sering kali menyabet gelar top scorer.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Namun, tahukah Anda siapa top scorer sejati Timnas di ajang ini? Bambang Pamungkas? Salah.

Top scorer sebenarnya dalam Piala AFF adalah pria yang kini menjadi asisten pelatih Timnas, Kurniawan Dwi Yulianto.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Kurniawan menjadi pencetak gol terbanyak Timnas di ajang Piala AFF. Total, Kurus (julukannya) mencetak 13 gol di turnamen ini.

Gol perdana Kurniawan di Piala AFF dicetak pada 2 September 1996. Kala itu, Kurniawan mencetak gol ke gawang Laos di menit 17.

Cerezo Osaka Vs Vissel Kobe, Justin Hubner Jadi Starter Bareng Eks Gelandang Man Utd

Itu merupakan gol ketiga dari lima yang dicetak Indonesia ke gawang Laos. Jika ditotal, Kurniawan mencetak empat gol di edisi 1996 (saat itu masih bernama Tiger Cup).

Torehan Kurniawan dua tahun setelahnya menurun. Cuma satu gol yang dicetak. Jumlah golnya kalah dari Miro Baldo Bento yang menjebol gawang lawan sebanyak tiga kali untuk Indonesia.

Namun, pada edisi 2000, Kurniawan kembali menunjukkan ketajamannya. Berduet dengan Gendut Doni Christiawan, Kurniawan berhasil membukukan tiga gol. Gendut Doni menjadi top scorer di edisi 2000 karena sukses membukukan lima gol.

Torehan terbaik Kurniawan terjadi pada penyelenggaraan 2004. Kala itu, Kurniawan sukses menyarangkan lima gol.

Itu kali terakhir Kurniawan membela Timnas di Piala AFF. Setelahnya, dia tak lagi muncul di skuat Garuda untuk Piala AFF.

Gol Bepe

Bagaimana dengan Bepe? Berapa gol yang dicetaknya? Ikon Persija Jakarta itu juga punya torehan gol luar biasa bersama Timnas di Piala AFF.

Hanya saja, jumlahnya masih kalah dari Kurniawan. Jumlah torehan Bepe di Piala AFF cuma kalah satu gol saja dari Kurniawan.

Yang bisa dibanggakan dari Bepe adalah, pernah jadi top scorer. Itu terjadi pada edisi 2002, atau saat Bepe mencetak debut bersama Timnas di Piala AFF. (one)

Lihat peta persaingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 pada JELANG LAGA di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya