Juara Piala AFF U-22, Timnas Diharap Moncer di SEA Games

Pemain Timnas U-22, Marinus Wanewar dan Witan Sulaiman
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-22 berhasil mewujudkan mimpi menjadi juara di Piala AFF U-22 2019. Pasukan Indra Sjafri mengalahkan Thailand U-22 di partai final yang digelar di National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 26 Februari 2019.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Indonesia tampil tertekan lebih dulu di awal. Bahkan, Garuda muda sempat tertinggal dari Thailand ketika Saringkan Promsupa membobol gawang Awan Setho Raharjo lewat tandukan di menit 56.

Beruntung, Indonesia mampu membalasnya dua menit berselang melalui gol Sani Riski Fauzi. Tendangannya lebih dulu membentur tubuh pemain Thailand sebelum merobek gawang yang dikawal Korraphat Nareechan.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Skor imbang membuat pertandingan semakin panas. Akhirnya, pada menit 64, Osvaldo Haay membuat pendukung Tim Merah Putih bersorak. Sundulannya yang mengarah ke pojok kanan gawang Tim Gajah Perang masuk dengan sempurna masuk tanpa mampu dihalau sang penjaga gawang.

Ternyata, gol itu menjadi yang terakhir di laga ini dan membawa Timnas U-22 juara untuk pertama kalinya di turnamen yang terakhir digelar pada 2005.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Atas prestasi tersebut, skuat Garuda Muda mendapatkan ucapan selamat dari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir. Dia berharap prestasi Witan Sulaeman cs bisa terus dipertahankan hingga SEA Games 2019, November mendatang.

"Sebagai ketua KOI sangat bangga atas prestasi Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Ini adalah salah satu prestasi terbaik sepakbola nasional, di mana sejak penyisihan Timnas tidak pernah kalah," ujar Erick dalam rilis yang diterima VIVA.

"Harapan saya dapat dipertahankan prestasi ini pada SEA Games yang akan datang. Sepakbola Indonesia Maju," jelasnya.

Selanjutnya, Marinus Wanewar cs akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Maret mendatang. Indonesia tergabung di Grup K bersama Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya