DPR Akan Tanya Menpora Soal Kisruh PSSI

Menpora Andi Mallarangeng
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Komisi X DPR mengapresiasi kedatangan PT Liga Indonesia hari ini, Selasa 10 Januari 2012. Berikutnya, Komisi X akan meminta keterangan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) terkait kisruh PSSI.

Komisaris Utama PT Liga Indonesia, Syahril Taher hadir di DPR bersama dua manajer klub Liga Super Indonesia (ISL): Lalu Mara Satriawangsa (Pelita Jaya) dan Ferry Paulus (Persija Jakarta). Syahril cs menjelaskan, sebenarnya pihaknya tidak ingin ada perseteruan.

"Tapi, PSSI telah banyak melakukan pelanggaran. PSSI tidak melaksanakan amanat Kongres Bali," kata Syahril. "PSSI juga membatalkan partisipasi Persipura Jayapura di Liga Champions Asia."

"Beberapa pelanggaran PSSI lainnya yakni klub-klub peserta ISL dihukum, kecuali Persipura. Kontrak Diego Michiels (Pemain Pelita Jaya) yang pindah ke Persija (IPL), disetujui PSSI," beber Syahril.

Anggota Komisi X, Dedy 'Miing' Gumelar dari Fraksi PDIP mengapresiasi kedatangan PT Liga ini. Menurutnya, PSSI seharusnya bisa memanfaatkan sepakbola untuk menyatukan bangsa.

"Kita prihatin, sepakbola sebenarnya bisa menjadi katarsis, tapi PSSI tidak melihat itu," ujar Miing yang meminta pertanggungjawaban Menpora untuk menyelesaikan kasus PSSI ini.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi X dari Fraksi Golkar, Ruly Chairul Azwar menyebut akan agenda Raker dengan Menpora, Senin 16 Januari 2012. Di forum itulah, pihaknya akan mempertanyakan hal ini kepada Menpora.

"Mereka punya hak mengadu. Kita menampung dan akan menanyakannya ke Menpora. Senin besok kita raker. Di situ kita akan tanya soal kisruh PSSI. Juga persiapan ke Olimpiade dan lain-lain," ucap Ruly. "Khusus PSSI, kami akan bertanya kepada Menpora, apa yang terjadi, apa yang sudah dilakukan serta solusinya."

Menurut Ruly, sesuai Kongres di Bali, seharusnya PSSI tahu mana Liga yang sah. Apalagi, pengurus yang baru belum melakukan Kongres.

"Secara aturan, Pengurus PSSI banyak menabrak hukum. Tindakan mereka tidak berhati-hati dan tidak dilandasi dasar hukum yang kuat," tutur Ruly. (eh)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016