Safee Makin Pede, "Harimau Malaya" Berbahaya

Penyerang Malaysia, Safee Sali
Sumber :
  • REUTERS/Samsul Said

VIVAbola - Penyerang Timnas Malaysia, Safee Sali, siap menjadi mimpi buruk buat Indonesia. Striker yang tengah merumput bersama Arema Indonesia itu sudah mulai percaya diri usai mencetak gol perdananya di Piala AFF 2012.

Pemain 28 tahun itu adalah top scorer pada Piala AFF dua tahun silam dengan torehan lima gol. Namun, derasnya gol Safee baru dirasakan "Harimau Malaya" pada babak semifinal dan final karena dia selalu gagal mencetak gol pada fase grup.

Dan pada turnamen 2012 ini, Safee juga memulai dengan langkah yang sama setelah gagal bersinar saat dipukul 0-3 oleh Singapura. Pemilik nomor punggung 10 itu akhirnya bsia melakukan selebrasi saat membobol gawang Laos hari Rabu lalu, 28 November 2012, di partai kedua.

Setelah mendapatkan sejumlah peluang emas, Safee akhirnya baru bisa mencetak gol pada menit ke-67 menerukan umpan Wan Zack Haikal Wan Noor untuk membawa Malaysia unggul 2-1, sebelum menutup laga dengan kemenangan besar 4-1.

"Ini sangat sulit buat saya karena saya harus mendapatkan kepercayaan diri dengan mencetak gol pertama. Saya tahu membuang banyak peluang tapi setidaknya saya bisa mencetak gol. Jadi saya percaya diri jelang laga berikutnya," aku Safee pada situs resmi AFF Suzuki Cup.

"Saya mendapatkan rasa percaya diri dari rekan-rekan saya karena mereka mendukung saya sangat baik dari awal sampai akhir," lanjutnya.

Telah dibukanya rekening gol Safee membuat pelatih Malaysia, Datuk K Rajagobal, ikut lega. Menunjukan penyerang oportunis itu masih menjadi andalan tim juara bertahan itu.

"Anda bisa melihat Safee melakukan banyak hal agar bisa mencetak gol. Ini sangat krusial buatnya dan buat tim. Sangat penting untuk mengalahkan tim lawan dengan skor besar, tapi ini jga penting karena dia telah mematahkan skenario bahwa dia tidak bisa mencetak gol," ujar Rajagobal soal penampilan anak asuhnya itu.

Pada laga terakhir Grup B, Malaysia akan menjalani partai hidup-mati melawan Indonesia di Stadion Bukit Jalil. Malaysia wajib memenangi laga ini jika ingin lolos penyisihan. Saat ini Malaysia berada di posisi tiga klasemen dengan 3 poin. Di posisi dua ditempati Singapura yang meski mengantongi poin sama, tapi unggul head-to-head.

Tim-tim Asia Tenggara Hancur Lebur di Pra Piala Dunia

Sementara Indonesia memuncaki klasemen dengan raihan 4 poin hasil.  Maka hasil imbang cukup membawa Indonesia lolos ke babak selanjutnya. (ren)

Petugas Garuda Mendeteksi Zamzam di Koper Jemaah Haji

Simpan Sabu 1 Kilo di Celana Dalam, Pria Malaysia Dibekuk

Lelaki ini menyimpan sabu seberat 1 kilogram di celana dalamnya

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016