Komdis PSSI Ultimatum PT LPIS Soal Jadwal Kompetisi

Suporter dievakuasi dari tribun penonton
Sumber :
  • Nugroho Gumay/Antara

VIVAbola - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan peringatan keras kepada PT Liga Prima Sportindo (LPIS) karena tetap menggelar duel antara Persis Solo vs PSS Sleman, 4 September lalu. Jika tak mematuhi peringatan itu, PSSI akan mengambil alih format kompetisi LPIS.

Komdis menilai, PT LPIS tidak mematuhi keputuan Komdis yang telah mendiskualifikasi Persis dari keikutsertaan di Divisi Utama setelah melakukan dua kali walk over (WO). PT LPIS tetap menginstruksikan Persis bertanding melawan Sleman di Stadion Manahan Solo.

Dua Laga Playoff IPL Terindikasi Pengaturan Skor

Insiden inipun menjadi salah satu agenda pembahasan Komdis PSSI, sore tadi. Ketua Komdis PSSI, Hinca Pandjaitan memutuskan untuk memberikan waktu sepekan kepada PT LPIS guna merampungkan jadwal putaran kedua kompetisi yang sedang dikelolanya saat ini.

"Pertemuan itu akan dihadiri PSSI dan PT LPIS harus memanggil para peserta kompetisi IPL untuk ikut membahas jadwal putaran dua kompetisi dengan cara memastikan klasemen IPL dan Divisi Utama lebih dulu sesuai keputusan Komdis," jelas Hinca.

"PT LPIS harus menyusun jadwal pertandingan dan memastikan ulang klasemen di IPL dan Divisi Utama di putaran 2 tanpa mengikutsertakan klub-klub yang didiskualifikasi," ujar pria berdarah Batak tersebut.

"Penjadwalan ulang pertandingan harus selesai pada Rabu depan agar kompetisi putatan kedua IPL bisa berjalan dan klub-klub akan mendapat kepastian. IPL harus selesai sesuai dengan amanat Kongres dalam rangka unifikasi liga," sambung Hinca.

Bila PT LPIS selaku operator kompetisi tidak bisa menjalankan putusuan Komdis PSSI, maka PSSI akan menentukan format kompetisi di putaran II IPL dan Divisi Utama. "Namun tetap, PT LPIS yang akan menjalankan tugas menjalankan kompetisi itu," kata Hinca. (sj)

Play Off IPL: Persaingan di Grup L Masih Sengit
Hinca Panjaitan, Sekjen Partai Demokrat.

Komdis PSSI Temukan Kejanggalan di Laga Bontang FC vs PSLS

Dugaan pengaturan skor juga mengarah laga play off lainnya.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2013