PSSI Coba Gulirkan ISL April 2016 Ini

Wakil PSSI, Hinca Panjaitan dengan Agum Gumelar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana akan menggulirkan kembali Indonesia Super League (ISL) pada 15 April 2016 mendatang. Namun, rencana itu masih harus menunggu izin dari pihak kepolisian.

Keinginan PSSI menjalankan kembali ISL karena mereka memiliki landasan kuat. Otoritas tertinggi sepakbola tanah air punya modal, yakni keputusan penolakan Mahkamah Agung (MA) atas kasasi yang diajukan oleh Kemenpora.

(Baca juga: Gelar Kompetisi, PSSI Tunggu Jawaban Polisi)

Dengan adanya penolakan itu, maka Surat Keputusan Menpora nomor 01307 terkait sanksi administratif kepada PSSI tak lagi berlaku. Tetapi, belakangan Polri tidak ingin gegabah memberikan izin begitu saja.

Karena jika sesuai prosedur, pihak kepolisian mesti lebih dulu mendapatkan rekomendasi dari Kemenpora yang diwakili oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Melihat gelagat dari pihak Kemenpora, sulit rasanya mereka mau mengeluarkan izin dalam waktu dekat.

"Kita tunggu dulu. Kalau tidak dipatuhi ya kita akan tuntut balik," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan ketika berkunjung ke kantor VIVA.co.id, Sabtu 26 Maret 2016.

(Baca juga: Kemenpora Hormati Putusan Asprov PSSI Enggan Gelar KLB)

Tim Transisi yang sejatinya ikut non aktif seiring gugurnya SK 01307 saat ini pun masih terus dibiarkan bekerja. Terakhir, mereka memberikan rekomendasi kepada Persewangi Banyuwangi eks peserta Liga Primer Indonesia (LPI) guna melakoni uji coba melawan Persibo Bojonegoro.

Yang mengejutkan, banyak pihak yang kecewa dengan putusan tersebut. Sebab, tim yang dikepalai oleh mantan Ketua KPK, Bibit Samad Rianto iyu dinilai malah akan menyebabkan dualisme Persewangi kembali terjadi.

Menanggap kebijakan Tim Transisi itu, Hinca memilih diam. Dia tampaknya tak ingin isu dualisme klub yang menjadi anggota PSSI justru menambah permasalahan yang ada.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022