Ditekuk Australia, Timnas U-19 Gagal Lolos ke Semifinal

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Dimas Drajad (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Australia dalam laga penyisihan Grup B Piala AFF U-19 di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Jumat 16 September 2016. Sempat bermain imbang di babak pertama, Garuda Muda harus menyerah dengan skor 1-3.

Kata Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Australia memulai laga dengan agresif dan ingin mencari keunggulan secepatnya. Tim besutan Eduard Tjong ini masih bisa meladeni perlawanan Australia pada awal-awal pertandingan.

Australia membuka keunggulan pada menit ke-24. Membawa bola dari tengah lapangan, Jayden Ashnil Prasad melepaskan tendangan dari luar kotak penalti Indonesia yang tak bisa dijangkau oleh kiper Muhammad Riyandi. Australia unggul 1-0.

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Selalu diserang, Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit 34 lewat penalti setelah salah satu pemain mendapat tekel di daerah pertahanan Australia. Bagas Adi Nugroho yang dipercaya menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Timnas U-19 lebih banyak bertahan di babak pertama. Serangan Garuda Muda selalu kandas di barisan pertahanan Australia. Hingga babak pertama berakhir, hasil imbang 1-1 masih menghiasi papan skor.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik, Pelatih Arab Saudi Bocorkan Kekuatan Uzbekistan

Australia langsung mengambil inisiatif serangan pada awal babak kedua. Mereka terlihat sangat bernafsu untuk membobol gawang Timnas U-19.

Australia kembali membahayakan gawang Timnas U-19 pada menit 54. Melalui tendangan bebas, Australia mengarahkan tendangan langsung ke gawang. Untungnya, masih bisa dihalau dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Timnas U-19 seakan tidak bisa mengembangkan permainan. Tidak ada serangan berarti yang bisa menembus pertahanan dari Australia.

Australia benar-benar menjadi lawan yang menyulitkan bagi Garuda Muda. Pada menit 72, George Henry Raymond Blackwood berhasil menambah gol bagi Australia.

Menit ke-89, Mario Shabow semakin menambah penderitaan Timnas U-19 setelah berhasil menceploskan bola ke gawang Riyandi. Gol itu berhasil dicetaknya dengan memanfaatkan umpan dari Lachlan John Scott.

Garuda Muda mencoba untuk memperkecil ketinggalannya. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-1 tidak berubah untuk keunggulan Australia.

Timnas U-19 sebenarnya masih memiliki dua pertandingan lagi. Namun, dengan kekalahan ketiga secara beruntun, Timnas U-19 dipastikan gagal lolos ke babak selanjutnya.

Susunan pemain:
Indonesia U-19:
Muhammad Riyandi (GK); Bagas Adi Nugroho, Jujun Saepuloh, Habibi; Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Alwi Slamat, Nevy Alexsander Dwaramury (Saddil Ramdani 62'), Chrystna Bhagascara; Sandi Pratama, Moh. Edo Febriansah, Muhammad Rafli (Muhammad Dimas Drajad 73').

Australia U-19: Jasmin Keranovic (GK); Patrick Stacey Murnane Flottmann, William Taze Mutch, Kye Francis Powles, Connor Neil Kazuki O'toole; Liam Joseph Rose, Liam William Youlley Youlley (Mario Shabow 49'), Tariq Maia (Lachlan John Scott 67'); George Henry Raymond Blackwood, Steve Kuzmanovski (Keanu Kole Baccus 82'), Jayden Ashnil Prasad.
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya