Panpel Laga Timnas Vs Vietnam Pusing Cari Lapangan Latihan

Pemain Timnas Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – Masalah pelik sedang dihadapi oleh Panitia Pelaksana (Panpel) lokal pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam, Minggu, 9 Oktober 2016. Hingga kini, mereka belum mendapatkan izin terkait penggunaan Stadion Maguwoharjo sebagai lokasi latihan Timnas dan Vietnam.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sampai sekarang, pihak pengelola Stadion Maguwoharjo tak mengizinkan Panpel menggunakan stadion tersebut untuk latihan Timnas dan Vietnam. Hal tersebut membuat pihak Panpel panik.

Negosiasi pun digelar demi menemukan jalan keluar. Mereka berharap ada izin dari pihak pengelola terkait penggunaan Stadion Maguwoharjo untuk berlatih.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Kami masih bernegosiasi dengan pengelola agar bisa menggunakan stadion sebagai lokasi latihan. Tiba di Yogya, Timnas dan Vietnam harus melakukan latihan resmi," kata Ketua Panpel lokal, Ediyanto, Rabu, 5 Oktober 2016.

Larangan penggunaan Stadion Maguwoharjo sebagai lokasi latihan ternyata dilandasi atas surat permohonan yang diajukan oleh Panpel. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stadion Maguwoharjo, Sumadi, mengungkapkan Panpel cuma mengajukan surat permohonan penggunaan di Minggu 9 Oktober 2016.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Menurut Sumadi, seharusnya Panpel mengajukan permohonan penggunaan stadion mulai 7 hingga 9 Oktober 2016. Sebab, ini berpengaruh pada harga sewa Stadion Maguwoharjo.

Memang, ada Peraturan Daerah Kabupaten Sleman yang mengatur penggunaan Stadion Maguwoharjo. Itu tertuang dalam Perda Kabupaten Sleman Nomor 3 Tahun 2016, tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Lewat peraturan tersebut, diatur tentang harga sewa Stadion Maguwoharjo. Terlihat jelas, bahwa harga sewa Stadion Maguwoharjo saat ini dipatok dalam hitungan per pertandingan.

Jika Stadion Maguwoharjo digunakan sebagai venue uji coba internasional dan menggunakan fasilitas lampu, maka penyewa diharuskan membayar Rp20 juta. Sedangkan, tanpa lampu penyewa hanya harus membayar Rp15 juta. Itu semua di luar harga sewa untuk latihan.

"Saya hanya pelaksana. Sudah ada aturannya secara tegas. Tapi, berbeda penerapannya ketika ada dispensasi khusus dari Bupati. Mungkin saja, kami mengizinkan stadion dipakai berlatih," jelas Sumadi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya