Terobosan Tur Fansklub Sepakbola ke Eropa

Konferensi pers Tur Fansklub Sepakbola
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suryanta Bakti Susila

VIVA – Pertumbuhan komunitas penggemar klub sepakbola luar negeri di Indonesia kian subur. Keberadaan mereka membuat sepakbola tambah populer di negeri ini. Indonesia adalah negara dengan jumlah terbanyak penonton program sepakbola di televisi, mengalahkan Tiongkok, Amerika Serikat, dan India.

Dua Kelompok Terlibat Tawuran di Jogja Sepakat Berdamai, Brajamusti-PSHT Salaman!

Fenomena ini menarik minat sejumlah perusahaan tur dan travel untuk menggarapnya. Namun, banyak yang membanderol paket tur ke Eropa termasuk nonton langsung ke stadion klub raksasa seperti Real Madrid, Barcelona, AC Milan, Chelsea, dan Manchester United, dengan harga premium.

"Harusnya ada akses yang memudahkan mereka mendukung langsung klub kesayangan mereka," kata Direktur Utama Tur Fansklub Sepakbola (TFS), Fauzan Zaman, dalam konferensi pers di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa 17 Oktober 2017.

PT KAI Bilang Suporter Sepakbola Indonesia Brutal

"Kami memberikan kesempatan fansklub di Indonesia tanpa membuat mereka harus membuang budget ekstra, dengan bekerja sama komunitas fansklub bisa ditemukan angka yang reasonable," tuturnya.

Fauzan mengungkapkan, hari ini perusahaannya meluncurkan paket tur ke Spanyol, khususnya Real Madrid dan Barcelona. Peluncuran dilakukan di lapangan bola Soemantri Brodjonegoro dengan menampilkan Andra and the Backbone dan DJ Vilza. "Hari ini kebetulan yang kami perkenalkan destinasi Spanyol," kata Fauzan.

Ricuh Pemain Bola Vs Warga di Muara Angke, Dipicu Orang Mabuk

Fauzan mengungkapkan, timnya tengah menyiapkan tiga produk tur tujuan Italia dan lima paket ke Inggris. "Milan, Inter, Juventus, kami akan launch November," ujarnya. "Khusus destinasi Inggris ada lima paket tur, juga akan di-launch akhir November".

Paket tur dengan sasaran utama komunitas fansklub itu dibanderol dengan harga terjangkau dan bisa dicicil. "Proses cicilan kayak leasing motor, syarat dan ketentuan berlaku," ujar Fauzan.

Chandra Bayu dari Komunitas Penya Real Madrid de Indonesia (PRMI) menyambut baik peluncuran paket itu. Menurutnya, anggota fansklub selalu punya hasrat menonton langsung pertandingan klub kesayangannya di stadion.

"Ini tugas kami sebagai pengurus komunitas, bagaimana bisa ke Santiago Bernabeu," kata Chandra.

Menurutnya, paket dari TFS disambut baik anggota komunitas karena hanya bayar uang muka bisa berangkat dan kekurangannya bisa dicicil. "Bisa berangkat terlebih dahulu, kemudian sampai, saya pulang semangat nyicilnya," ujarnya.

Hal senada disampaikan Yayak dari IndoBarca. "Harapannya kerja sama ini jangka panjang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya