Rusia dan Peluangnya Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

Selebrasi Timnas Rusia usai bobol gawang Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA – Kick-off Piala Dunia 2018 tinggal menghitung hari. 32 negara masuk kualifikasi sebagai peserta turnamen paling akbar sejagat di Rusia 2018.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Salah satu peserta turnamen ini tentu saja tuan rumah yang tak perlu mengikuti prakualifikasi. Rusia langsung lolos dalam putaran final dan terbagung dalam Grup A bersama Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay.

Rusia telah tampil di pentas Piala Dunia sebanyak sepuluh kali. Kesempatan pertama mereka tampil di Piala Dunia pada 1958.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Bola untuk pertandingan Piala Dunia 2018

Pencapaian terbaik tim ini adalah sebagai semifinalis pada Piala Dunia 1966. Ketika itu, Rusia masih bernama Uni Soviet.

Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Rusia tembus semifinal melawan Jerman Barat. Di sisi seberang ada Inggris melawan Portugal. Inggris keluar sebagai juara dalam Piala Dunia ini. 

Sementara Rusia gagal mengalahkan Portugal dalam perebutan tempat ketiga dengan skor 1-2.

Profil tim

Rusia menempati posisi 66 dalam peringkat FIFA terbaru. Stanislav Cherchesov menjadi pelatih Timnas Rusia pada 2016. Mantan pemain Dynamo Moskow dan Legia Warsaw inilah yang akan menjadi bos memimpin tim tuan rumah di pentas Piala Dunia 2018.

Stanislav berposisi sebagai penjaga gawang saat menjadi pemain. Sebagai pemain dia masuk skuat Rusia di Piala Dunia 1994 dan 2002.

Pemain Rusia, Artem Dzjuba (tengah), merayakan gol ke gawang Swedia

23 nama terseleksi masuk skuat yang dibawa Stanislav dalam turnamen tersebut. Mantan pemain Chelsea, Yuri Zhirkov, masuk dalam skuat ini. 

Berikut ini 23 pemain Rusia di Piala Dunia 2018.

Penjaga gawang: Igor Akinfeev (CSKA Moscow), Vladimir Gabulov (Club Brugge), Andrey Lunev (Zenit St Petersburg)

Pemain bertahan: Vladimir Granat, Fedor Kudryashov (both Rubin Kazan), Ilya Kutepov (Spartak Moscow), Andrey Semenov (Akhmat Grozny), Igor Smolnikov (Zenit St Petersburg), Mario Fernandes, Sergey Ignashevich (both CSKA Moscow)

Gelandang: Yuri Gazinskiy (Krasnodar), Alan Dzagoev, Aleksandr Golovin (both CSKA Moscow), Aleksandr Erokhin, Yuri Zhirkov, Daler Kuzyaev (all Zenit St Petersburg), Roman Zobnin, Aleksandr Samedov (both Spartak Moscow), Anton Miranchuk (Lokomotiv Moscow), Denis Cheryshev (Villarreal)

Penyerang: Artem Dzyuba (Arsenal Tula), Alexsey Miranchuk (Lokomotiv Moscow), Fedor Smolov (Krasnodar)

Peluang 

Keunggulan utama Rusia tentu saja posisinya sebagai tuan rumah. Meski tak punya deretan nama mentereng, status tuan rumah bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk bisa melaju ke putaran berikutnya.

Mohamed Salah bersama timnas Mesir

Rusia tergabung dalam Grup A bersama Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay. Rusia akan melakoni laga pembuka melawan Arab Saudi pada 14 Juni 2018.

Rusia bisa saja mengatasi Arab Saudi, tapi Mesir dan Uruguay akan menjadi lawan yang sangat tangguh. Mesir punya Mohamed Salah yang tengah bersinar dan Uruguay ada Luis Suarez serta sederet bintang tangguh.

Bintang Rusia yang bisa menjadi harapan adalah playmaker Aleksandr Golovin. Pemain muda ini disebut-sebut sebagai tumpuan baru Rusia bisa bicara banyak dalam Piala Dunia kali ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya