Meksiko Kalahkan Jerman, Rekor Rafael Marquez Jadi Sempurna

Pemain Timnas Meksiko, Rafael Marquez
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine

VIVA – Rafael Marquez masuk sebagai pemain pengganti pada menit 74. Dia masuk menggantikan Andres Guardado, ketika tim nasional Meksiko sedang unggul 1-0 atas Jerman dalam pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 di Luzhniki Arena, Moskow, Minggu 17 Juni 2018.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Keputusan pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio memasukkan Marquez, tak lebih untuk memperkokoh pertahanan. Mereka tak ingin kemenangan di depan mata sirna, karena Jerman semakin gencar melancarkan serangan.

Benar saja, hingga waktu 90 menit pertandingan usai, keunggulan Meksiko tetap bertahan. Mereka meraup poin penuh, sekaligus memaksa Jerman sebagai juara bertahan Piala Dunia gigit jari.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Yang menarik dari kemenangan Meksiko, tentu saja rekor Marquez di Piala Dunia. Dikutip dari The Sun, pemain berusia 39 tahun itu masuk dalam buku sejarah turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia.

Wajar bila Osorio langsung mendatangi Marquez dan memberi pelukan begitu laga usai. Mereka berpesta bersama merayakan rekor yang semakin sempurna dengan raihan kemenangan.

Hasil Drawing Copa America 2024

Marquez resmi menjadi pemain ketiga sepanjang sejarah yang bisa bermain dalam lima edisi Piala Dunia. Mantan penggawa Barcelona itu memulainya bersama Meksiko pada Piala Dunia 2002 lalu.

Sebelum Marquez, ada pula pemain Meksiko yang punya catatan serupa, yakni Antonio Carbajal 1950, 1954, 1958, 1962, 1966). Lalu, ada pula mantan pemain Jerman, Lothar Matthaus (1982, 1986, 1990, 1994, 1998).

Sejak mencatatkan debut pada bersama Timnas senior pada 1997 silam, total sudah 144 penampilan dicatatkan Marquez. Dari sana dia menyumbangkan 17 gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya