7 Fakta Menarik Usai Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018

Selebrasi Pemain Perancis Samuel Umtiti Usai jebol Gawang Belgia
Sumber :
  • REUTERSLee Smith

VIVA - Timnas Prancis berhasil memastikan diri melaju ke babak final Piala Dunia 2018. Pasukan Les Bleus menyingkirkan Belgia di semifinal, Rabu 11 Juli 2018 dini hari WIB.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Dalam pertandingan di St Petersburg, Prancis sebenarnya kalah dalam penguasaan bola. Belum lagi, Belgia tak henti-hentinya melakukan ancaman lewat serangan berbahaya.

Nemun, Prancis yang cukup berpengalaman berhasil mengatasinya dan menang 1-0. Gol kemenangan Prancis dicetak Samuel Umtiti pada menit ke-51.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Sejumlah fakta menarik pun mengiringi kemenangan Prancis di semifinal ini. Berikut beberapa fakta yang dirangkum dari Opta.

1. Prancis tampil di final Piala Dunia dalam dua dekade terakhir. Les Bleus akan memainkan laga ketiga mereka di final dalam enam edisi terakhir Piala Dunia, yakni pada 1998, 2006, dan 2018.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

2. Antoine Griezmann menjadi pemain kedua yang paling banyak terlibat dalam mencetak gol di Piala Dunia 2018. Dia turut andil dalam lima gol (tiga gol, dua assist) Prancis.

3. Untuk kali pertama sejak Piala Dunia 1998, tiga pemain bertahan Prancis (Bixente Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram) sukses mencetak gol. Kesuksesan ini diulangi Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti.

4. Olivier Giroud telah bermain lebih dari tujuh jam di Piala Dunia 2018 tanpa menghasilkan satu tembakan tepat sasaran.

5. Belgia hanya bermain di dua semifinal Piala Dunia dan seluruhnya berujung kekalahan. Sebelum kalah dari Prancis, mereka disingkirkan Argentina pada edisi 1986.

6. Didier Deschamps menjadi pelatih pertama dalam sejarah timnas Prancis yang mencapai final dari dua turnamen besar, yakni di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

7. Blaise Matuidi berhasil memenangi enam tekel saat melawan Belgia. Pemain terakhir yang berhasil melakukan tekel lebih banyak (9 kali) di Piala Dunia adalah Didier Deschams saat menghadapi Italia pada edisi 1998. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya